JUARA - Salah satu pemenang kategori putra pada lomba lari trail bertajuk Seumurun Summit Challenge kembali digelar Minggu (21/08/22). (Foto: Ist/ Dok. ALTI Sulteng)
  • Seumurun Summit Challenge, Ajang Atlet Naik Kelas

Sigi, Metrosulawesi.id Lomba lari trail bertajuk Seumurun Summit Challenge kembali digelar pada Minggu (21/08/22) di Desa Uwemunje, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Ajang ini sarana atlet untuk naik taraf bahkan menuju kejuaraan internasional.

Ketua Asosiasi Lari Trail Indonesia (Alti) Sulteng, Mohammad Affan, mengatakan, kegiatan ini telah masuk dalam kualifikasi Alti. Pihaknya, kata dia, dalam hal ini menyerahkan rekomendasi dari panitia yang diteruskan ke PB Alti.

“Karena telah memenuhi syarat, baik dari kelas dan jalurnya maka pusat menyetujui untuk seumurun summit chalenge ini masuk sebagai salah satu even kualifikasi Alti,” kata Affan kepada Metrosulawesi saat dihubungi via Whatsapp.

Dijelaskannya, kualifikasi yang dimaksud adalah pada kejuaraan ini Alti bakal mengeluarkan sertifikat kepada para atlet yang mampu mencapai garis finish dengan tengat waktu yang diberikan panitia. Selain itu, para atlet juga mengumpulkan poin sebagai salah satu   syarat tampil di ajang internasional.

“Misalnya peserta ikut kelas 50 km, maka dia harus punya sertifikat yang 15 km, begitu juga dengan kelas di atasnya. Sedangkan untuk poin sesuai regulasi Itra (International Trail Run Association) atlet itu harus mengumpulkan 30 poin untuk tampil di ajang internasional,” ujarnya.

Safrina akhirnya tampil sebagai jawara di kategori 15K Putri. Posisi kedua dan ketiga diraih Fitria dan Amelia. (Foto: Ist/ Dok. ALTI Sulteng)

“Nah untuk poin ini tiap kelas beda-beda lagi, kalau 15 km itu 1 poin, 30 km 2 poin dan 50 3 poin, ” imbuh dia.

Affan yang membuka kegiatan mengapresiasi panitia pelaksana sebab telah memberi sarana bagi para atlet. Kejuaraan yang telah masuk tarak kualifikasin Alti diharapkan terus berlanjut agar atlet lari trail di Sulteng semakin berkembang sampai akhirnya bisa berkompetisi di ajang internasional.

Sementara itu, Yudhi Dille, menuturkan untuk pemenang pada kategori 30K Putra,  juara petama diraih atlet Palu, Ade Putra Katume.   Posisi kedua diraih Yusiran, dan peringkat ketiga diraih Rizaldi Prayoga.

Dikategori 50K Putra, juara pertama diraih atlet asal Makassar, Adrianus Kedeng. Juara kedua diraih Syaiful Islam, juara ketiga diraih Deny Rizaldi.

Kategori   15K Putra, Kembali atlet asal Palu menempati podium pertama yakni  Andilalang. Podium kedua diraih Sabil dan podium ketiga diraih Fikton Tino.

Sementara di kategori 15K Putri, juara pertama diraih Safrina, posisi kedua ditempati Fitria, dan atlet Amelia menempati peringkat ketiga. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas