JAWARA JUNIOR - M Ghaizan Diaddin menerima hadiah juara di kelas Junior Kejuaraan XCO Open Championship Kaombona 2022, di sirkuit Taman Kaktus Hutan Kota Palu, Minggu (7/8/2022). (Foto: Ist)
  • XCO Open Championship Kaombona  2022, Sirkuit Taman Kaktus Hutan Kota

Palu, Metrosulawesi.id – Kejuaraan XCO Open Championship Kaombona  yang berlangsung di sirkuit Taman Katus Hutan Kota Palu, Sulawesi Tengah,  Minggu (7/8/2022), melahirkan juara-juara baru. Di nomer paling bergengsi Man Elite dan Junior, berlangsung seru.

Di nomor Man Elite (19 tahun keatas), pembalap asal Triple B, Herdian (BIB 14), yang mengincar gelar juara balap sepada MTB di Kota Palu, harus puas di peringkat ketiga. Titel juara pertama direbut Muh. Nur Ikhsan Paisal (BIB 8) asal Oljen CC Takalar (Sulsel).  

Posisi kedua di nomor bergensi ini diraih raider andalan Kota Palu, Yogie Tri Sastrio (BIB 1) dari tim Palu Cycling Club. Raihan podium kedua ini, bagi Yogie sebagai pelipur lara lantaran dapat membalas kekalahannya atas Herdian, di kelas yang sama di sirkuit Vuludoda 2021 lalu.

Demikian halnya di nomer Junior (15 tahun s/d 18 tahun),  M Ghaizan Diaddin dari Palu Cycling Club, tampil tercepat dan berhal atas podium pertama. Pembalap masa depan Kota Palu ini, menaklukan dua raider asal Sulsel yakni   Muhammad Fauzan dari ISSI Sidrap, dan  Muh. Agung Saputra dari TCC Takalar Budi Jaya Racing Team. Kedua raider ini masing-masing di peringkat dua dan tiga.

Sedangkan di sektor Master A (30 s/d 39 tahun), pembalap tim Rangabolo MTB Sigi, Affandy menempati peringkat pertama. Diperinglat ledua ditempati pembalap  Zaifullah dari Tolis 88 Bike Community. Sedangkan diperingkat ketiga diraih  Moch Sahid Badwai,  dari tim Basepeda.

Suasana kejuaraan XCO Championship Kaombona 2002, yang berlangsung di sirkuit Taman Kaktus Hutan Kota Palu, Minggu (7/8/2022). (Foto: Ist/ Whatsaap Kosaga)

Sementara itu, pembalap Sito e, dari tim Triple B, menjadi jawara di kelas Master B (40 s/d 49 tahun). Di posisi kedua dan ketiga, masing-masing diraih pembalap  Kapank dari Tatura Bicycle Community dan  Heri Tahu dari Bikelah

Lantas di nomor Master usia 50 up, tampil sebagai juara diraih pembalap asal Luwuk, Kabupaten Banggai. Sedangkan di peringkat kedua raih pembalap asal Palu, Ancu, dan peringkat ketiga diraih pembalap asal Kabupaten Toli-Toli, Rahman.

Sirkuit Taman Kaktus di areal Hutan Kota Palu ini, mendapat apresiasi dari peserta maupun penonton. Di sela-sela kerjuaran, Ketua panitia, Dedy Tubo menjelaskan  trek yang dilalui peserta mempunyai karakter berbeda dengan trek-trek di sirkuit lainnya.

Obstacle alias rintangan yang lengkap hingga perpaduan antara aspal dan tanah akan membuat para pebalap merasakan sensasi perlombaan yang sangat berbeda. (*/is)

Hasil XCO Open Championship Kaombona  2022

  • Master A (30 s.d 39 tahun)
  1. Affandy                            Rangabolo MTB Sigi
  2. Zaifullah                           Tolis 88 Bike Community
  3. Moch Sahid Badwai         Basepeda
  • Master B (40 s.d. 40 tahun)
  1. Sito e                     Triple B
  2. Kapank                  Tatura Bicycle Community
  3. Heri Tahu              Bikelah
  • Master 50 up
  1.                               Luwuk
  2. Anchu                   Palu
  3. Rahman                 Toli-Toli
  • Junior (15 s.d 18 tahun)
  1. M Ghaizan Diaddin          Palu Cycling Club
  2. Muhammad Fauzan          ISSI Sidrap (Sulsel)
  3. Muh. Agung Saputra        TCC Takalar Budi Jaya Racing Team
  • Man Elite (19 tahun ke atas)
  1. Muh. Nur Ikhsan Paisal    Oljen CC Takalar  (Sulsel) 
  2. Yogie Tri Sastrio              Palu Cycling Club
  3. Herdian                             Triple B

Ayo tulis komentar cerdas