Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu, Bangun Nur Cahya Kurniawan. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu, Bangun Nur Cahya Kurniawan mengatakan bahwa tahun 2022 ini ditargetkan penerimaan pajak mencapai sekitar Rp1,6 triliun.

“Jadi tahun ini target kita mengalami kenaikkan dibanding dengan tahun sebelumnya. Kemarin itu tercatat kurang lebih hanya Rp1,2 triliun,” katanya usai ditemui sejumlah wartawan di kantornya, Rabu (3/8).

Menurutnya, ini juga merupakan suatu tantangan untuk KPP Pratama Palu dalam hal mengumpulkan penerimaan pajak. Namun, kata dia, pihaknya meyakini bahwa potensi ekonomi akan sejalan dengan yang diharapkan.

“Kalau melihat berdasarkan data maupun angka dari Bank Indonesia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah. Kami optimis perekonomian wilayah Sulteng seperti harapan kita yaitu membaik,” ujarnya.

Lanjut dia, terbukti sampai dengan saat ini presentase pencapaian yang dikumpulkan oleh KPP Pratama Palu sudah 62 persen. Hal itu, kata dia, mengalami pertumbuhan kurang lebih mencapai sekitar 42 persen dibanding tahun lalu.

“Tumbuhnya sedikit relatif lebih besar karena dukungan dari Program Penerimaan Sukarela (PPS). Tetapi secara umum, kami melihat memang ada potensi yang baik khususnya di wilayah kerja kami,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, ia mengungkapkan bahwa ada empat daerah yang menjadi tugas pengumpulan penerimaan pajak dari KPP Pratama Palu. Diantaranya, seperti Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, dan Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami yakin hingga akhir tahun nanti bisa melampaui target yang telah diamanatkan. Terlepas dari itu, tentu yang menjadi tanggung jawab ke depan ialah cara meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap wajib pajak,” terangnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas