SAMBUTAN - Kakanwil Kemebag Sulteng, Ulyas Taha, saat sampaikan sambutan di rapat persiapan penyambutan jemaah haji Sulteng, dari tana suci Mekkah, di Asrama Haji Transit Palu, baru-baru ini. (Foto: Humas)
  • Kakanwil: Semua Jemaah dalam Keadaan Sehat

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, Ulyas Taha, memimpin langsung rapat koordinasi persiapan pemulangan jemaah Haji asal Sulteng, di Asrama Haji Transit Palu, Rabu, 3 Agustus 2022.

Menurut Ulyas, secara umum gambaran jemaah haji Sulteng dalam keadaan sehat walafiat, dan lancar dalam melaksanakan ibadah.

“Sesuai pemantauan kami, ibadah jemaah haji Sulteng berjalan dengan lancar, beberapa jemaah yang sakit alhamdulillah bisa terobati oleh tim kesehatan,” ungkapnya.

Ulyas mengaku, pada musim haji tahun ini, dirinya di bulan kemarin sempat bertugas sebagai tim pemantau haji, sehingga dapat turut memantau langsung jemaah haji Sulteng.

“Adapun jemaah yang sempat masuk rumah sakit segera dirawat di KKHI (Kantor Kesehatan Haji Indonesia) tempat perawatan jemaah haji Indonesia. Berdasarkan pemantauan kami, petugas haji Sulteng juga melaksanakan tugas dengan baik dan lancar,” katanya.

Kata Ulyas, dalam melaksanakan manasik haji, tim pembimbing ibadah bersama tim kesehatan haji juga melaksanakan tugas dengan baik.

“Dalam rapat ini, kami juga membahas proses pemulangan jemaah haji, terkait kesehatan jemaah yang mencakup pelaksaan PCR atau Antigen jemaah haji, tempat karantina bila terdapat jemaah positif Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, dibahas juga masalah cuaca pada hari kedatangan jemaah haji, pembahasan transportasi dari pihak maskapai, bandara serta penyediaan bus penjemputan, serta keamanan.

Selain itu, Plh Kabid Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah, Arifin mengatakan, penjemput jemaah haji Sulteng, selain Kota Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), tidak diberikan stiker mobil.

“Selain jemaah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala tidak akan diberikan stiker mobil penjemput, kecuali atas izin dari PPIH kabupaten masing-masing. Jemaah haji selain Pasigala dijemput oleh PPIH masing-masing kabupaten,” jelasnya.

Jemaah haji Sulteng dijadwalkan tiba di Palu, pada 7, 9, dan 10 Agustus 2022. Stiker mobil dapat diambil di Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulteng Jl. Prof Moh Yamin.

Arifin memaparkan, ketentuan penjemputan, satu orang jemaah dapat dijemput oleh dua orang keluarga yaitu satu orang sopir dan satu orang pendamping atau keluarga dalam satu mobil yang sudah ditempel stiker.

“Mobil penjemput jemaah haji bisa masuk asrama setelah dipersilahkan panitia. Alur masuk penjemput masuk ke kompleks Asrama Haji, mobil penjemput parkir di halaman masjid Agung Darussalam Palu,” ujarnya.

Kata Arifin, alur Kendaraan masuk asrama, mobil yang diparkir keluar dari halaman Masjid Agung Darussalam Palu melalui pintu bagian selatan menuju Jl. Jaelangkara terus masuk ke Asrama Haji Transit Palu Jl. Wr. Supratman melalui pintu utama bagian utara, masuk menjemput jemaah dan keluar melalui pintu samping Asrama Haji Transit Palu Jl. Asam.

“Untuk masuk ke dalam asrama haji wajib mengenakan ID Card, bagi yang tidak memiliki ID Card tidak diperkenankan masuk area Asrama Haji Transit Palu, kecuali jemaah haji dan penjemput,” katanya.

Menurutnya, pintu masuk bagi yang memiliki ID Card yang disiapkan PPIH yakni pintu utama bagian selatan. Penjagaan pintu masuk oleh pihak keamanan dibantu oleh petugas PPIH Sulteng yang ditunjuk.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas