Subhi. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Proyek Jalan Dihapus, Diduga Dilakukan Oknum ASN PU

Donggala, Metrosulawesi.id – Anggota Komisi III DPRD Donggala Subhi geram atas sikap salah satu oknum ASN yang berdinas di Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Pasalnya oknum ASN inisial M itu menghilangkan program yang sudah masuk dalam batang tubuh APBD 2022.

“Mau jadi apa Donggala ini? DPRD dipandang remeh, dokumen APBD 2022 sudah selesai dibahas, tapi isi dokumen APBD 2022 bisa diubah juga. Bahkan program hilang,” kata Anggota Komisi III Subhi Selasa sore di kantornya.

“Ada oknum ASN PU itu inisial M dia jago itu ubah program di APBD 2022. Contoh program pembangunan jalan lapen Desa Siboang dusun lima Kecamatan Sojol. Sejak ditetapkan di APBD 2022 program ini hilang pada tanggal 28 Mei 2022,” sebutnya.

Politisi asal Sojol ini menjelaskan sejak pembahasan anggaran hingga ditetapkan dalam dokumen APBD 2022, ia selalu proaktif memantau pergerakan dokumen APBD melalui sistem aplikasi SIPD (sistem informasi pemerintah daerah).

Bahkan katanya lagi sejak 15 Januari 2022 yang menginput program yang hilang (jalan lapen) itu akun atas nama Afri Karisma Patoke ST,  tetapi seiring waktu berjalan akun ASN PU inisial M itu menghapus program yang sudah ada dalam dokumen APBD 2022.

“Sekarang sistem online, jadi kami pantau terus program yang tertuang di APBD melalui SIPD (sistem informasi pemerintah daerah), jadi tidak bisa berbohong karena akun jelas tertulis, nama akun yang masukan program  Afri Karisma Patoke ST, dan yang bakasih hilang program itu akun ASN PU inisial M, dia (M) kasi hilang pada tanggal 28 Mei 2022,” bebernya.

“Kalau begini ulah oknum ASN di PU, DPRD tak usah bahas anggaran, karena percuma, bikin capek saja, suruh saja dorang bahas anggaran, baru bikin sendiri dokumen APBD,” sesalnya.

Sementara itu oknum ASN PU inisial M yang dikonfirmasi di kantornya tidak berhasil. ASN tersebut tidak masuk kantor. Saat dikonfirmasi melalui ponselnya 0813-4108-XXXX, juga tidak berhasil hingga berita naik cetak.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas