Ansyar Sutiadi. (Foto: Ist)
  • Untuk Aktualisasikan Nilai Pancasila
  • Digelar di Taman GOR oleh Kesbangpol-BPIP RI

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, bekerjsama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, menggelar Festival Kebangsaan. Kegiatan tersebut dalam rangka bulan Pancasila dan Menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, di Taman Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Palu.

“Festival Kebangsaan ini adalah rangkaian pembinaan ideologi Pancasila, dengan pendekatan konten kreatif, musik, olahraga, dan kuliner, semua ini untuk aktualisasi Pancasila di melenial. Kemudian untuk masyarakat kita tetap melakukan nilai-nalai Pancasila itu sendiri secara umum,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, di Palu, Rabu, 3 Agustus 2022.

Ansyar mengatakan, Festival Pancasila ini adalah wadah ekspresi anak bangsa, dalam mengaktualisasikan Pancasila di era milenial ini.

“Maka konten-kontenya di dalam festival itu ada workshop video musik kebangsaan, bedah karya musik kebangsaan, lomba video pendek dan konten kreatif, lomba paduan suara lagu Indonesia Raya tiga stanza mars BNN, parade seni anak bangsa, parade budaya nusantara, launching lagu Palu Adipura, launching video musik kebangsaan, dan kegiatan itu sudah mulai Rabu, 3 Agustus ini, dan acara puncaknya pada 8 Agustus 2022,” jelas Ansyar.

Kata Ansyar, di acara puncak Festival Kebangsaan ini akan dihadiri Kepala BPIP RI, dan para direktur dari BPIP.        

“Rangkaian acara sudah berjalan karena saat ini sudah bulan Pancasila, dan pendaftaran untuk beberapa kegiatan lomba kita sudah bukan seperti lomba video pendek dan konten kreatif, serta lomba panduan suara tiga stanza,” ungkapnya.

Ansyar mengatakan, festival ini diikuti pelajar dari SD dan SMP se- Kota Palu.Sesuai informasi panitia sudah puluhan pelajar yang mendaftar, yang masih kurang pendaftaranya video pendek dan konten kreatif. Padahal yang paling minat ini adalah milenial, namun proses pendaftaran terus berjalan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat dimeriahkan oleh kaum milenial yang kreatif dan inovatif.

“Untuk para juri kita menggunakan orang-orang profesional yang ada di Palu dan sebagian dari BPIP, bahkan festival ini akan dihadiri budayawan yakni Ngatawi Al Zastrouw, kemudian ada drummer dan musisi, Gilang Ramadhan, serta Selegram dan Youtuber, Cindi Gulla,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas