MINYAKITA - Bulog Poso mendatangkan minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 18 ribu liter. (Foto: Ist)

Poso, Metrosulawesi.id – Pemerintah kembali mengeluarkan aturan baru untuk mengatasi masalah minyak goreng. Guna menyalurkan sesuai harga, pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk mendistribusikan minyak goreng kemasan “Minyakita” sederhana ke seluruh wilayah di negeri ini.

Badan Urusan Logistik  (Bulog) Poso kini telah mendatangkan minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 18 ribu liter.

Demikian diungkapkan  Kepala Bulog Poso Ivan Faisal  kepada Metrosulawesi  di kantornya, Selasa (2/8/2022).

Ia mengaku untuk produksi minyak goreng ini melalui produsen yang ada di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat yakni PT Tanjung Sarana Lestari.

“Kita mulai hari ini (kemarin) akan melakukan pendistribusian minyak goreng kemasan “minyakita” sederhana ke pasar -pasar tradisional dan jaringan Bulog yaitu Rumah Pangan Kita (RPK) termasuk untuk pengecer serta pedagang  dengan harga eceran tertinggi (HET) tetap Rp14 ribu/ liter,” terangnya.

Ivan Faisal harapkan harga minyak goreng kemasan ini bisa menyasar konsumen menengah ke bawah dikisaran Rp14 ribu/liter, serta diupayakan produk Bulog  bisa meramaikan pasar.

“Kalau dilihat pantauan harga minyak goreng kemasan premium rata-rata sekarang masih di atas Rp20 ribu per liter. Sehingga nanti kita harapkan masyarakat banyak pilihan untuk membeli,” katanya.

Menurutnya, ini adalah program dan tujuan pemerintah untuk pola pikir masyarakat yang mengonsumsi minyak goreng curah perlahan akan bergeser ke minyak goreng kemasan sederhana.

“Karena minyak goreng kemasan “minyakita” sederhana ini dianggap oleh pemerintah lebih higienis. Termasuk salah satu strategi kami dapat menekan harga minyak goreng premium,” tegas Faisal. Selain menyasar ke pasar tradisional, Bulog Poso  juga nantinya akan melakukan pendistribusian minyak goreng kemasan “minyakita” sederhana ke pasar ritel moderen, target penjualan minyak goreng kemasan ini bisa berlangsung selama sebulan,” ujarnya menambahkan.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas