Bangkit Prayoga. (Foto: Ist)
  • Diikuti 26 Kontestan dari Tiga Negara

Palu, Metrosulawesi.id – Bangkit Prayoga, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untad meraih juara ketiga ajang WU SLA International Speech Competition yang dilaksanakan secara online pada Rabu 20 Juli 2022.

Yoga sapaan akrabnya mengaku debat saat itu terasa cukup kompetitif karena kemampuan bahasa Inggris peserta lainnya yang mumpuni dan sangat baik. Namun berkat pengalaman yang dimiliki membantunya meraih juara.

“Selama menyampaikan pemaparan, peserta lainnya menggunakan bahasa Inggris dengan level vocab, struktur dan sound yang sangat tertata dan mudah dimengerti. Oleh karena itu, atmosfer debat kala itu terasa cukup kompetitif. Pengalaman pernah mengikuti debat sebelumnya cukup membantu saya sehingga memudahkan memberikan speech saat juri memberikan topik,” ucap Yoga.

Kompetisi debat yang diadakan oleh Walailak University Thailand ini diikuti sebanyak 26 kontestan dari 3 negara seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Kompetisi ini memiliki 2 babak, diantaranya prepare speech dimana peserta menyiapkan speech dengan topik terkait pengetahuan peserta tentang skill anak muda negara masing-masing di abad 21.

Kemudian babak kedua yakni Impromptu Speech dimana para peserta diberi dua topik secara acak yang dipilih salah satunya kemudian diberi waktu 5 menit untuk presentasi tanpa mempersiapkan skrip terlebih dahulu.

Usai debat, juri kemudian mengumumkan bahwa Bangkit Prayoga asal Universitas Tadulako, Indonesia berhasil meraih 60 – 69 marks serta hadiah Juara ketiga sebesar 1.000 Bath Thailand.

Yoga menyarankan jika ada mahasiswa lainnya yang ingin mengikuti debat tingkat International, harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Wajib belajar dan menambah wawasan dengan banyak berlatih, membaca serta update dengan situasi global.

“Jangan sampai kita hanya bermodalkan bahasa Inggris saja, modal nekat atau coba-coba. Harus banyak belajar dan terus berlatih karena kompetitor kita pun pasti melakukan hal demikian,” pungkas Yoga.

Tercatat, pengalaman Yoga dalam berbagai ajang lainnya juga menghantarkannya meraih penghargaan antara lain juara I News Reading Competition Se Sulawesi Tengah saat SMA, 10th Novice Best Speaker di Aultervarsity Debating Competition 2022, dan 3rd Runner Up Novice Aultervarsity 2022 mewakili Universitas Tadulako.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas