RAPAT - Plt Sekdaprov Sulteng Rudi Dewanto saat rapat bersama Kadis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulteng yang diwakili Kabid PSP, Tri Pusparini, Selasa 5 Juli 2022. (Foto: Biro Adpim)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Sekdaprov Sulteng Rudi Dewanto menilai penetapan Ibu Kota Negara (IKN) akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Olehnya ia meminta kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sulteng harus dioptimalkan.

“Tujuannya guna menggerakkan perekonomian dan pembangunan di Sulawesi Tengah,” ucap Rudi saat rapat bersama Kadis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulteng yang diwakili Kabid PSP, Tri Pusparini, Selasa 5 Juli 2022.

Dia mengatakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus melakukan persiapan dalam rangka mendukung kebutuhan IKN di Kalimantan. Hal ini juga menjadi salah satu prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng.

“Sesuai arahan Bapak Gubernur dalam rangka mempersiapkan Sulawesi Tengah sebagai penyanggah IKN, maka akan dilaksanakan Rapat Koordinasi Dinas Perkebunan dan Peternakan Se Sulawesi Tengah,” ujar Plt Sekda.

Dari pertemuan ini disepakati Rapat Koordinasi Dinas Perkebunan dan Peternakan se-Sulawesi Tengah akan digelar pada pertengahan Juli 2022. Adapun yang menjadi agenda pembahasan yaitu Pengembangan Kawasan Food Estate di daerah ini.

Diberitakan, yang terkait IKN, Sulteng berpeluang besar memasok kebutuhan pangan dan hortikultura karena jarak yang relatif dekat ke Kalimantan. Menurut Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultara Provinsi Sulteng, Nelson Metuben, ini menjadi peluang besar sekaligus tantangan bagi Dinas TPH.

“Kita punya potensi yang sangat luar biasa untuk hortikultura seperti durian,” ucap Kadis.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas