UPACARA - Gubernur Sulawesi Tangah, Rusdy Mastura bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT Kabupaten Sigi ke 14. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)
  • Gubernur Irup HUT Sigi

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi di bawah pimpinan Bupati Sigi, Mohamad Irwan dan Wakilnya Samuel Y Pongi gelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Sigi.

Peringatan hari jadi Kabupaten Sigi diperingati setiap tanggal 24 Juni. Upacara peringatan HUT ke 14 ini berjalan dengan khidmat di lapangan Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Senin, 27 Juni 2022.

Pada upacara tersebut Gubernur Sulawesi Tangah, Rusdy Mastura bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Dalam pidatonya, Rusdy Mastura meminta Pemerintah Kabupaten Sigi mengoptimalkan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan untuk percepatan pembangunan kesejahteraan warga.

“Sigi merupakan satu daerah yang potensial dengan sumber daya alam yang sangat melimpah dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Jadi Optimalkan pengelolaan SDA,” ujar Gubernur Rusdy.

Dengan sumber daya alam yang melimpah, ia berharap, Kabupaten Sigi dapat menjadi penopang Sulawesi Tengah sebagai penyangga kebutuhan logistik IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Peringatan hari jadi tahun ini mengusung tema 14 Tahun Bersama Merajut Meraih Mimpi Membangun Kabupaten Sigi Berdaya Saing.

Sementara itu Bupati Sigi, Mohamad Irwan menyampaikan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah, serta masyarakat yang bersama-sama mendukung proses pembangunan di Kabupaten Sigi.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa membutuhkan dukungan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Sigi. Kritik dan masukan sangat dibutuhkan untuk melaksanakan semua pembangunan menuju Sigi Berdaya Saing.

Upacara ini dihadiri Sekretaris Kabupaten Sigi, Muh. Basir, para Asisten Setda Sigi. Tampak juga wakil Walikota Palu, dr Reny, Wakil Bupati, Morowali Utara, Djira, wakil Ketua DPRD Sulteng, Muharram Nurdin serta sejumlah anggota lainnya. Selain itu Forkopimda, Ketua DPRD Sigi, Rizal Intjenae dan sejumlah anggota DPRD Sigi, Kapolres Sigi, AKBP Reja A Simanjuntak, Pabung Dandim 1306 Kota Palu, Letkol Inf Ayidin Pakaya, pimpinan OPD dan para ASN serta para tokoh masyarakat Sigi dan tamu undangan lainnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas