Layanan operasional di kantor Taspen Cabang Palu. Bertempat di Jalan Prof. Mohammad Yammin, Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Di bulan Juli mendatang, PT Tabungan Asuransi Pensiun (Persero) Tbk Kantor Cabang Palu akan membayarkan gaji ke 13 untuk para pensiunan dan ahli waris.

Demikian hal tersebut disampaikan langsung oleh Service Section Head PT Taspen Kantor Cabang Palu, Dimas Adi Nugroho saat ditemui Metrosulawesi di kantornya, Senin (27/6/2022).

Ia mengungkapkan bahwa untuk data jumlah penerima gaji 13 pensiunan kurang lebih sebanyak 34.831 orang. Lanjut dia, total keseluruhan dana yang akan disalurkan mencapai Rp92,3 miliar.

“Kami terima informasi bulan Juli nanti akan dilaksanakan pembayaran. Namun kita juga tetap menunggu instruksi dan surat keputusan dari pemerintah melalui Taspen pusat,” ungkapnya.

Diakuinya,pembayaran gaji ke-13 pensiunan tersebut merujuk pada beberapa regulasi kebijakan yang telah ditetapkan, baik melalui Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Menteri Keuangan.

“Sehingga menjadi kewajiban kami untuk mengucurkan dana kepada pensiunan yang jadi mitra. Dalam gaji ke-13 pensiunan adalah tidak diperkenankan melakukan pemotongan angsuran kredit atau utang,” pungkasnya.

Pada akhir April lalu, PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Palu juga telah menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pensiunan aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri di Sulawesi Tengah.

“Total pensiunan yang mendapatkan THR di Sulteng sebanyak 34.293 orang, dengan total anggaran Rp93.028.702.200 melalui instansi keuangan mitra bayar yang bersinergi sebanyak 11 instansi,” terangnya.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas