SILATURAHMI - Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Asrif, didampingi jajaran saat silaturahmi dengan Kepala Perwakilan Ombudsman Sulteng H Sofyan Farid Lembah di Palu, Jumat 22 Juni 2022. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Asrif M.Hum, mengharapkan bantuan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulteng mencegah dan menertibkan penggunaan bahasa di ruang publik.

“Jangan sampai bahasa Indonesia tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Asrif saat silaturahmi ke Kepala Perwakilan Ombudsman Sulteng H Sofyan Farid Lembah di Palu, Jumat 22 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Asrif didampingi Koordinator KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum Balai Bahasa Provinsi Sulteng Syafriani Tio Sari, KKLP UKBI Syahari Ayu Bachtiar, Koordinator KKLP BIPA Nurmiah, dan Analisis Kepegawaian St. Rahmah.

Selain pengutamaan bahasa negara di ruang publik, Asrif juga menyampaikan beberapa program Balai Bahasa, antara lain: Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), dan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

Sofyan menyampaikan apresiasi atas program-program yang dimiliki Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah. Ia menyarankan kolaborasi antar ke dua institusi yaitu Ombudsman Sulteng dan Balai Bahasa.

“Saya sangat suka kegiatan ini, saya harap kita dapat berkolaborasi, UU Nomor 24 tahun 2009 bisa kita jadikan ‘senjata’,” ucap Sofyan.

Hari yang sama, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah didampingi jajaran juga bersilaturahmi dengan dua perguruan tinggi di Sulawesi Tengah, yaitu Universitas Tadulako dan Universitas Muhammadiyah.

“Kami berharap ajang silaturahmi mampu memperkuat kerja sama di bidang kebahasaan,” tandasnya.

Diketahui, Asrif mulai menjabat sebagai Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah pada Mei 2022. Serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama, Sandra Safitri Hanan kepada Asrif dilaksanakan pada Minggu 29 Mei.

Saat itu, sertijab dipimpin Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof E Aminuddin Aziz, dan dihadiri seluruh pegawai Balai Bahasa Provinsi Sulteng. Menurut Prof Aminuddin, rotasi, mutasi, dan promosi merupakan hal wajar dan umum terjadi dalam suatu organisasi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas