Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura menjadi inspektur dalam upacara peringatan HUT ke-14 Kabupaten Sigi di Lapangan Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Senin (27/6). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Sigi memperingati HUT ke-14 Kabupaten Sigi dengan menggelar upacara di Lapangan Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Senin (27/6). Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata dan Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi serta para ASN yang telah bekerja keras untuk membuat terobosan-terobosan bagi kemajuan dan kesejahteraan  masyarakat Kabupaten Sigi.

Gubernur mengatakan seluruh elemen masyarakat Sigi telah mengawal dan memberi masukan-masukan sesuai kapasitasnya untuk kebaikan bersama sesuai dengan kearifan lokal di Sigi.

“Mosi Popatora, Mosi Pakaroso, Ante Mosi Angga” Saling Mengingatkan, Saling Menguatkan, Saling Menghargai Dan Memuliakan,’’ kata Gubernur.

Gubernur kemudian mengungkapkan hasil kunjungan kerjanya di beberapa kementerian di Jakarta beberapa waktu lalu. Kunjungan itu sebagai terobosan untuk percepatan Sulawesi Tengah sebagai kawasan penyangga IKN Nusantara.

Hasil pertemuan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sulteng diminta menyiapkan 30 ribu hektar lahan yang akan digunakan sebagai bagian dari super prioritas program kementerian pertanian.

‘’Insya Allah sesuai kesepakatan 15 Juli nanti kami diundang untuk memaparkan konsep pertanian Sulawesi Tengah untuk program tersebut,’’ kata Gubernur.

Selanjutnya pertemuan dengan Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi guna mematangkan Program Smart Village (Desa Cerdas) sebagai program nasional untuk peningkatan kualitas layanan pemerintahan desa dan daya saing masyarakat desa. Direncanakan Program Smart Village akan launching bersamaan dengan penanaman perdana di Kawasan Pangan Nusantara oleh Presiden, bulan September 2022 nanti.

Kata Gubernur, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi perhatian khusus bagi pembentukan dan penguatan koperasi dalam mendukung Kawasan Pangan Nusantara di Sulawesi Tengah. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas