Peluncuran mobil Suzuki All New Ertiga Hybrid yang dilaksanakan PT Patrako Motor Abadi (PMA) Cabang Palu bersama PT Suzuki Indomobile Sales (SIS) di Palu Grand Mall (PGM), Sabtu Malam (25/6/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Suzuki All New Ertiga Hybrid yang baru saja diluncurkan oleh PT Suzuki Indomonil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Patrako Motor Abadi (PMA) Palu ini, ternyata adalah mobil listrik yang tetap mengandalkan tenaga bermesin bensin.

Branch Manager Suzuki PT Patrako Motor Abadi Palu, Padlan Candra menjelaskan bahwa dalam peluncuran mobil elektrifikasi pertama di kelas LMPV. Dimana All New Ertiga Hybrid secara resmi diperkenalkan kepada masyarakat Sulawesi Tengah.

“Dengan bangga kami PT Patrako Motor Abadi (PMA) meluncurkan All New Ertiga Hybrid, tepatnya di Palu Grand Mall (PGM). Masyarakat sangat antusias melihat mobil terbaru dari Suzuki,” ujar Padlan, Sabtu malam (25/6/2022).

Lanjut dia, mobil tersebut menggunakan teknologi Smart Hybrid, All New Ertiga Hybrid diklaim menjadi sejarah baru otomotif Indonesia yang merupakan ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibanding dengan mobil bermesin konvensional.

“All New Hybrid ini berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik, melainkan menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrate Stater Generator) dan Lithium-ion Battery,” katanya.

Menurutnya, ISG ini berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-ion Battery. Ia mengaku energi listrik ini yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti, sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

“Mobil keluaran terbaru All New Ertiga Hybrid ini menjadi solusi bagi masyarakat Sulawesi Tengah yang ingin mempunyai kendaraan yang irit bensin, tetapi tetap nyaman digunakan. Solusi terbaik, karena langkanya bahan bakar khususnya Kota Palu. Bisa jadi pilihan kendaraan terbaik untuk digunakan. Irit bensin dan saat mesin mobil berhenti pun AC dapat digunakan,” terangnya.

Dikatakan, peluncuran regional di Palu menjadi momen yang istimewa karena All New Ertiga adalah LMPV favorit masyarakat Sulawesi Tengah. Sehingga, kata Padlan, kehadirannya sangat dinantikan dan All New Ertiga telah hadir sejak tahun 2012 menemani masyarakat. Kini, dengan dukungan teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid, mobil kebanggaan keluarga ini diluncurkan dengan nama All New Ertiga Hybrid.

“Selain dibekali teknologi elektrifikasi, All New Ertiga Hybrid dibanderol dengan harga sangat kompetitif, sehingga kami yakin akan menjadi primadona dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sulawesi Tengah,” katanya.

Ia menerangkan untuk mobil ini juga menawarkan ukuran panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dengan jarak sumbu roda sejauh 2.740 mm. Ertiga terbaru memiliki radius putar sejauh 5,2 meter dengan ground clereance diangka 180 mm.

“Varian Ertiga Hybrid SS pilihan warna Pearl Snow White, Prime Cool Black dan Metallic Magma Gray. Varian Ertiga Hybrid GX selain menawarkan ketiga warna SS, juga ditambah Metallic Silky Silver, Pearl Brave Khaki, Pearl Burgundy Red dan warna baru New Mellow Deep Red,” terangnya.

Di atas kertas, mesin 4 silinder 16 katup 1.462 cc tersebut menghasilkan tenaga 104,7 ps pada putaran 6.000 rpm. Produksi torsinys sebesar 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Mesin ini digabungkan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis AT. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda depan.

“Selain mesin dengan teknologi hybrid terbaru, penyegaran yang didapat pada Suzuki Ertiga kali ini antara lain desain baru grille depan pada varian GX, fitur auto retractable outside mirror di varian GX dan SS,” ujarnya.

Adapula velek model baru berwarna hitam di varian SS. Tambahan lainnya terdapat desain antena baru, desain backdoor garnish, emblem hybrid di belakang, warna baru mellow deep red, desain MID baru, serta warna interior abu-abu sebagai penyegaran.

“Suzuki All New Ertiga Hybrid untuk one the road (OTR) Palu mulai dari Rp278.800.000 tipe GX-MT. Sementara untuk tipe GX-AT Rp291.100.000 dan juga SS-MT dikisaran Rp288.1000, terakhir Rp300.400.000 untuk SS-AT sebagai varian teratas,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas