RAKOR - Suasana Rakor PDPB yang digelar KPU Kota Palu, Jumat pekan lalu. (Foto: KPU Palu)
  • 251.636 Pemilih Berkelanjutan

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk Rekapitulasi Bulan Juni Tahun 2022. Rakor yang digelar di media center KPU Palu, Jumat, 24 Juni 2022 ini dimulai dengan sosialisasi aplikasi mobile ‘LINDUNGIHAKMU’.

Aplikasi ini berfungsi mempermudah warga Kota Palu untuk mengakses atau melihat rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) secara nasional, provinsi, dan kabupaten kota,  mengecek diri,  pengaduan pemilih baru, pemilih ubah data, serta pemilih tidak memenuhi syarat.

Prinsip aplikasi ini adalah 3S dan 1 T yakni Simple digunakan, mudah Share, Smart adaptasinya dan bertujuan mencapai Trust dari publik.

Rakor ini turut dihadiri mitra kerja diantaranya Bawaslu, Kalapas II A Palu, Ka Rutan Maesa Palu, Polresta Palu, Kodim 1306 Palu, Kesbangpol, Dukcapil, perwakilan partai politik tingkat Kota Palu.

Ada beberapa masukan dari para mitra terkait, diantaranya mendorong pihak terkait untuk tertib perekaman KTP elektronik dan tertib kesesuaian alamat KTP-e dan tempat tinggal, serta antisipasi pemilih terdata di wilayah Lapas dan Rutan.

Masukan ini kemudian diinventarisi oleh KPU Palu yang menjadi perhatian dan bahan koordinasi dengan mitra yang memiliki tupoksi tersebut, selanjutnya dievaluasi kembali pada rakor lanjutan nantinya. Ujung rakor diakhr dengan penyampaian berita acara hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan II (Bulan Juni) Tahun 2022, dengan rincian pemilih perempuan 123.426, laki-laki 128.210 yang berjumlah 251.636 pemilih dengan sebaran 699 TPS, 46 kelurahan, dan 8 kecamatan dalam wilayah Kota Palu.

Reporter: M. Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas