Dr Abidin Djafar. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Prof. Abidin Djafar mengungkapkan, UIN Datokarama Palu segera membuka empat program studi umum untuk menjawab tantangan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Sulawesi Tengah.

“Yang jelas kami telah mendapat rekomendasi dari pemerintah pusat yaitu Kemendikbud Ristek RI untuk membuka empat program studi umum,” ungkap Prof Abidin, melalui ponselnya, baru-baru ini.

Kata Abidin, program studi umum yang akan dibuka yaitu Kesehatan Masyarakat, Studi Psikologi, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Empat program studi itu akan dinaungi oleh dua fakultas masing-masing Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Sains.

“Semua program studi ini untuk jenjang strata satu (S1). Sebelumnya kami dari UIN Datokarama telah mengajukan permohonan pembukaan program studi umum ke Kemendikbud Ristek melalui aplikasi Siaga milik kementerian tersebut. Permohonan itu kami telah lengkapi dengan seluruh syarat dan proposal yang mencakup berbagai data,” ujarnya.

Permohonan tersebut, kata dia, kemudian diverifikasi oleh LLDikti Wilayah XVI mencakup Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulteng.

“Perlu diketahui dua kali dilakukan verifikasi oleh LLDikti Wilayah XVI. Dari verifikasi itu Kemendikti Ristek menilai UIN Palu layak untuk diberi rekomendasi membuka empat program studi umum yang dimohonkan. Rekomendasi ini selanjutnya menjadi bahan tindaklanjut oleh Kemendikti Ristek untuk menerbitkan keputusan pembukaan empat prodi umum tersebut,” jelasnya.

Prof Abidin mengatakan, sesuai dengan arahan dari LLDikti Wikayah XVI bahwa keputusan pembukaan empat program studi umum oleh Kemendikti Ristek akan diterbitkan pada Oktober 2022.

“Dengan demikian, pada Januari 2023 UIN Palu telah dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru pada empat program studi tersebut. Ini satu bentuk integrasi keilmuan yang dikembangkan oleh UIN Palu di mana memadukan antara ilmu umum dengan ilmu-ilmu agama,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas