Gubernur H Rusdy Mastura menyerahkan bendera dalam acara pelepasan JCH Sulteng di Asrama Haji Palu, Kamis malam (23/6). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 356 jemaah calon haji (JCH) Sulawesi Tengah (Sulteng) diberangkatkan menuju Embarkasi Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (24/6/2022).

Sebelumnya dilakukan seremoni pelepasan oleh Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura di Asrama Haji Palu, Kamis malam (23/6).

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng H Ulyas Taha mengatakan, JCH Sulteng berjumlah 912 orang secara bertahap akan diterbangkan menuju ke Balikpapan dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Seluruh JCH Sulawesi Tengah Embarkasi Balikpapan dijadwalkan sudah berada di Jeddah, Arab Saudi pada Selasa, 28 Juni 6 2022.

JCH Suleng terbagi menjadi dua kloter setengah, jemaah calon haji yang tergabung dalam Kloter 3 berjumlah 356 orang diberangkatkan menuju Balikpapan, Jumat (24/6/22) menggunakan pesawat Sriwijaya, kloter 4 berjumlah 356 orang diberangkatkan, Sabtu (25/6/22) dan yang terakhir kloter 5 berjumlah 189 orang akan diberangkatkan, Minggu (26/6/22) dan akan bergabung dengan Kalimantan Timur.

Dalam sambutan pelepasan, Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura mengajak para jemaah untuk mengikuti arahan dan bimbingan panitia haji dan memperkuat ukhuwah islamiyyah.

“Ikuti dan lakukan arahan-arahan yang disampaikan petugas haji yang membimbing, maupun dari panduan yang ada dalam buku manasik yang telah diberikan, perkuat ukhuwah islamiyyah dengan saling tolong menolong, saling mengingatkan dan saling menjaga dengan jemaah haji lainnya,” kata Gubernur.

Gubernur tak lupa mengimbau para jemaah untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan pola hidup sehat secara disiplin. Sehingga seluruh rangkaian rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik tanpa hambatan.

Gubernur kemudian meminta agar jemaah calon haji Sulawesi Tengah tidak hanya berdoa untuk dirinya sendiri dan keluarganya saja.

“Tolong doakan pula daerah kita, agar Sulawesi Tengah jauh dari bencana dan musibah, daerah yang aman, damai, tentram dan sejahtera,” kata Rusdi Mastura.

Selain itu Iapun meminta kepada para jemaah calon haji Sulteng untuk mendoakan dirnya beserta Wakil Gubernur H Ma’mun Amir.

“Tolong doakan saya bersama bapak wakil gubernur agar senantiasa diberi kesehatan dan keafiatan dalam memimpin Sulawesi Tengah. Agar amanah yang diberikan ini dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat Sulteng maupun kepada Allah SWT sang pengatur dan pemilik kekuasaan yang Absolut,” katanya. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas