Nelson Metubun. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Nelson Metubun menyampaikan terdapat 4 kabupaten di di Sulteng masuk sebagai daerah pengembangan sektor pangan.

“Diantaranya, Kabupaten Donggala memiliki lahan seluas 18.823 hektar, Kabupaten Sigi dengan luas lahan 2.108 hektar, Poso dan Parigi Moutong yang terletak di wilayah Manggalapi sekitar 1.976 hektar,” kata Nelson, Kamis (23/6/2022.

Adapula penambahan lahan seluas kurang lebih 1.123,59 hektar yang berada di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala. Hal tersebut, lanjut Nelson, telah ditetapkan melalui keputusan Gubernur Sulteng Nomor 504 Tahun 2022.

“Daerah itu sudah ditentukan sebagai wilayah kawasan pengembangan sektor pangan. Ini merupakan hasil data kunjungan ke Sulteng yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI,” ujarnya.

Menurutnya, kunjungan dari pihak Kementrian ini merupakan tantangan dan pertanda bahwa memang Sulawesi Tengah menjadi kawasan sektor pangan untuk penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Dengan adanya kawasan tersebut, salah satu tugas besar kita selaku OPD yang menangani tanaman pangan dan hortikultura adalah dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih unggul dibidang pertanian,” jelasnya.

Kemudian, ia mengaku bahwa harus mengoptimalisasi lahan potensial yang belum termanfaatkan dan pemberian motivasi maupun pendampingan secara rutin kepada petani pangan. Selanjutnya optimalisasi Balai Penyuluhan Pertanian sebagai pusat informasi.

“Selain itu, optimalisasi anggaran yang bersumber dari APBD maupun APBN untuk mengarah ke sarana dan prasarana pertanian. Terakhir, mendorong dan memasyarakatkan petani dari sumber-sumber lain,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas