RUMAH SINGGAH - Pemkab Morut menyiapkan rumah singgah untuk keluarga pasien asal Morut yang dirujuk untuk mendapatkan perawatan lanjutan di rumah sakit rujukan di Kota Palu. (Foto: Ist)

Morut, Metrosulawesi.id – Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi dan Wabup H. Djira yang masing-masing didampingi istri, dan dihadiri Ketua DPRD Morut Hj. Megawati Ambo Asa, SH, meresmikan pengoperasian ‘Rumah Singgah’ untuk keluarga pasien asal Morut yang dirujuk untuk mendapatkan perawatan lanjutan di rumah sakit rujukan di Kota Palu.

Peresmian ini ditandai dengan pembacaan doa yang dipimpin Wabup H. Djira yang sebelumnya melakukan peninjauan ruang-ruang Rumah Singgah tersebut.

Rumah singgah yang diupayakan atas bantuan Bank Sulteng Cabang Morowali Utara saat masih dipimpin Sutikno Intam tersebut, berlokasi di Komplex BTN Rinda Permai di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Tondo, hanya sekitar 300 meter dari Rumah Sakit Umum Provinsi ‘Undata’ Palu.

Rumah singgah berlantai dua ini memiliki tiga buah kamar, tidur, ruang tamu, ruang keluarga, garasi serta sebuah ruang pertemuan di lantai II.

“Kita bersyukur, hari ini Rumah Singgah di Kota Palu bisa kita operasikan dan bisa mulai ditempati oleh warga Morut,” ujar Bupati Delis.

Ia kembali menjelaskan bahwa penyediaan rumah singgah merupakan salah satu program prioritas dan janji kampanye Pilkada untuk membantu menyediakan tempat menginap bagi masyarakat Morut yang tidak memiliki tempat tinggal bila harus membawa keluarga mereka berobat lanjut di Kota Palu.

“Karena itu lokasi rumah singgah ini sengaja dipilih pada tempat yang dekat dengan Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan lainnya seperti apotek dan BPJS Kesehatan serta akses yang mudah ke seluruh Kota Palu,” ujar Delis yang akrab dipanggil ‘dokter’ ini melalui Whast APPnya.

Pemanfaatan rumah singgah ini tidak dipungut biaya, bahkan nanti Pemkab akan menyediakan perawat yang akan membantu mengurus keperluan-keperluan masyarakat yang memanfaatkan rumah singgah ini.

“Puji Tuhan, Alhamdulillah, pada tahun pertama kepemimpinan kami Delis-Djira di Morut, tiga rumah singgah yang kami janjikan yakni di Makassar, Luwuk dan Palu sudah terealisasi seluruhnya,” ujar Delis lagi di hadapan 30-an warga Morut di Kota Palu yang sebagian besarnya adalah mahasiswa/i.

Usai meresmikan pengoperasian Rumah Singgah tersebut, Bupati dan Wabup Morut turun lapangan memperkuat tim sepak bola ASN Morut dalam Liga ASN 2022 serta menggelar halal bi halal dengan mahasiswa Morut di Kota Palu.

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas