Gubernur H Rusdy Mastura menerima kunjungan kerja sejumlah pejabat eselon II Pemkab Buol di ruang kerjanya, Selasa (17/5). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejumlah pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten Buol menemui Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura di ruang kerjanya, kemarin (17/5).

Dalam pertemuan itu Kadis Perhubungan Kabupaten Buol Moh. Yamin menyampaikan kondisi pemerintahan Kabupaten Buol saat ini menjelang berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati Buol.

Gubernur H Rusdy Mastura mengatakan dengan berakhirnya masa jabatan bupati Buol, sesuai ketentuan akan diusulkan penjabat (Pj) bupati untuk memimpin pemerintahan sampai terpilihnya bupati defenitif.

Untuk itu Gubernur menegaskan akan mengusulkan penjabat yang tepat.

‘’Saya akan mengusulkan penjabat bupati yang terbaik dan netral tidak memihak kepada siapapun,’’ kata Gubernur.

Menurut Gubernur, Buol memiliki banyak kader aparatur yang berkualitas. Dia berharap hal itu dapat memberikan dampak positif kepada daerah provinsi dan nasional.

Terhadap penjabat bupati Buol nantinya, Gubernur meminta dapat mendorong realisasi KUR 3% kepada masyatakat petani, peternak dan usaha kecil.

‘’Jangan fasilitas KUR tersebut hanya dinikmati pengusaha besar. Saya memohon agar dipastikan KUR 3% dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan Buol memiliki potensi wilayah dan potensi SDA yang sangat besar. Diharapkan ke depan Buol dapat menjadi wilayah tempat industri strategis seperti Batam karena dekat Gorontalo dan IKN.

Gubernur meminta agar daerah membuat data potensi daerah yang dapat dikelola dengan investasi. Investasi yang mengelola harus melaksanakan ketentuan PI 10% melalui perusahaan daerah.

‘’Peran Perusda harus ditingkatkan untuk mengelola potensi daerah untuk meningkatkan fiskal daerah,’’ katanya.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas