DIGULIR - Suasana pembukaan balap motor region D di Sirkuit Panggona Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (13/05/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)
  • Kejurnas Balap Motor Region D Sulawesi

Palu, Metrosulawesi.id – Kejuaraan Nasional Balap Motor Region D Sulawesi, Maluku dan Papua resmi dibuka pada Jumat (13/05/2022) sore di Sirkuit Panggona Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu itu turut dihadiri ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulteng, Andi Nur B Lamakrate, dan Kepala BNN Kota Palu Akbp Baharuddin.

Nizar pada penyampaiannya mengatakan kejurnas kali ini bisa jadi ajang pembibitan atlet balap motor di Sulteng. Para kawula muda khususnya pencinta otomotif diajak Nizar untuk turun di arena resmi balap motor. Tidak ugal-ugalan di jalan raya.

Di sisi lain, dia menuturkan sirkuit Panggona fasilitasnya akan terus ditambah sesuai dengan dukungan dari Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura.

“Yang paling utama kami mengajak para pembalap untuk menghindari narkoba, karena tak jarang saya dengar balap motor tak jauh dari yang namanya Narkoba,” katanya.

Sementara, Ketua IMI Sulteng, Andi Nur B Lamakarate mengatakan sangat bersyukur karena setelah dua tahun vakum IMI pusat bisa melaksanakan kejurnas balap motor.  Kejurnas ini kata dia, merupakan pembibitan Atlet muda balap motor dia Sulteng. Sebab diakuinya Sulteng hingga sejauh ini sangat sedikit memiliki pembalap Muda.

“Jujur saja Sulteng Kekosongan untuk pembalap muda. Sehingga arena ini tentunya akan menjadi wadah menemukan atlet muda untuk ajang PON Sumut- Aceh 2024,” ujarnya.

Dia menambahkan selanjutnya di bulan November akan menghadapi even Porprov. Menurut dia, Porprov tidak jadi ajang seleksi PON. Tetapi akan di seleksi kembali agar menemukan pebalap yang maksimal.

“Ini dilakukan agar supaya hasil Pada PON tidak untung-untungan seperti kemarin. Agar terukur. Semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Diketahui pada kejurnas putaran pertama ini ada sebanyak 21 kelas yang diperlombakan dan diikuti oleh sebanyak 120 pembalap. Selain pebalap di region D, kejuaraan dimeriahkan oleh pebalap asal Jakarta dan DIY Yogyakarta. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas