Melani Mamahit. (Foto: Ist/ Dok PBSI)

Palu, Metrosulawesi.id – Salah satu punggawa Timnas Indonesia di Piala Uber cup tahun 2022 ternyata berasal dari Kota Palu, Sulawesi Tengah. Dia adalah Melani Mamahit (19) yang turun di nomor ganda putri berpasangan dengan Tryola Nadia.

Di Piala uber 2022, Melani dan Tryola pertama kalinya dipercayakan turun untuk menghadapi Jepang pada pertandingan yang digelar Rabu (11/05/2022) pagi. Pada laga tersebut, Melani dan Tryola harus mengakui keunggulan Ganda Putri Jepang Nami Matsuyama dan Chiharu Shiba dengan skor 16-21, 21-18, 15-21.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Metrosulawesi, Melani Mamahit sejak belia sudah masuk di sekolah Akademi tepatnya di Jawa Barat. Di Jawa, wanita yang akrab disapa Memey ini kian menunjukan prestasi yang mentereng, salah satunya belum lama ini berhasil meraih medali Perak untuk kontingen Jawa Barat di PON Papua tahun 2022.

Denny Mamahit, kakak Kandung Memey, membenarkan informasi tersebut. Menurut dia, keluarga sangat mendukung prestasinya di bidang olahraga bulutangkis dan menyekolahkan lebih serius ke Akademi di Pulau Jawa tepatnya di PB Exist.

“Memey sejak SMP tepatnya umur 12 tahun itu sudah disekolahkan di Jawa, awalnya saya yang berlatih di situ, nah akhirnya saya minta pelatih saya di jawa untuk melatih adik saya juga di PB Exist,” kata Deny saat dihubungi Metrosulawesi, Rabu (11/05/2022).

BiodataPrestasi 
Nama: Melani Mamahit

Nama Panggilan: Memey

Tempat Tanggal Lahir: Palu, 16 Oktober 2002.
– Final Italia Junior 2020
– Semifinal Malaysia Junior 2020
– Final Victor Exist Junior Internasional 2020
– Final Ganda Putri PON Papua 2021 (Perak).

Denny bercerita, kemampuan Memey bermain bulutangkis terlihat sejak belia tepatnya masih duduk di bangku taman kanak-kanak. Memei, kata Deny, turut mengikuti hobi sang ayah yang sering bermain bulutangkis di PB Cemerlang kota Palu.

“Dulu memang tiap malam dia sering ikut ayah bermain. Jadi setelah mengenal dasar barulah dia berangkat ke Jawa berlatih di PB Exist dan akhirnya masuk pelatnas di tahun 2019,” kata Deny

Deny mewakili keluarga mengaku bangga, sebab diusianya yang belia Memey sudah masuk tim Uber yang dihiasi sejumlah pemain bulu tangkis senior.

Diusianya yang masih muda, Deny pun berharap Memei agar terus berlatih hingga mampu menorehkan prestasi yang luar biasa di kancah internasional.

“Kami dari keluarga tentunya berharap Memey bisa semakin lebih baik lagi dan tetap terus giat berlatih. Apalagi sampai saat persaingan di Pelatnas itu tidak  gampang, banyak atlet bibit muda hebat asal daerah lainnya yang baru untuk masuk di pelatnas,” katanya. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas