KETEMU HABIB - Ketua Umum KONI Sulteng, Nizar Rahmatu (kanan) bersama Ketua Umum PB Alkhairaat Pusat Palu Habib Ali Muhammad AlJufri. (Foto: Ist/ Media KONI Center)

Palu, Metrosulawesi.id – Acara peringatan Haul Guru Tua tahun ini bakal dilaksanakan kegiatan olahraga memanah dan pencak Silat. Oleh sebab itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) Sulawesi Tengah memberikan dukungan penuh kegiatan olahraga pada pelaksanaan kegiatan Hari Ulang Tahun (Haul) Guru Tua Raodhah Festival yang dilaksanakan 9-12 Syawal 1443 H/ 10-13 Mei 2022.

Dukungan itu ditujukan oleh pengurus KONI Sulteng yang diwakili Direktur Eksekutif KONI Sulteng Muhammad Warsita, Wakil Ketua Umum KONI Sulteng Muhammad Alhizam Lamadau dalam suasana silaturahmi dengan Ketua Umum PB Alkhairaat Palu Habib Ali Muhammad Aljufri, Senin (9/5/2022) malam. Hal ini juga menindaklanjuti silaturahmi antara Ketua Umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu bersama Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Palu Habib Ali Muhammad Aljufri.

Menurut Nizar Rahmatu, olahraga bukan hanya berbicara pada aktivitas fisik semata, namun juga perlu diimbagi dengan kegiatan spiritual rohani sebagaimana falsafah Indonesia yang termaktub dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya “Bangunlah Jiwanya Bangunlah Raganya.”

“Olehnya sangat penting bagi atlet dan olahragawan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual dalam keolahragaan. Bangunlah jiwanya juga bangun raganya harus seimbang dalam menuju puncak prestasi,” ujar Wakil Sekretaris Pengurus Pusat GP Ansor ini.

Sementara itu, Habib Ali Muhammad Aljufri mengatakan bahwa olahraga merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW menganjurkan olahraga berkuda, memanah dan renang.

Habib Ali juga mengapresiasi kepedulian KONI Sulteng dalam memajukan olahraga di bumi Tadulako tak terlepas dalam peran dunia santri Abnaul Khairaat.

“Insya Allah dukungan KONI Sulteng memberikan keberkahan dalam prestasi olahraga Sulteng,” kata Habib Ali.

Diketahui, pertandingan cabang olahraga pencak silat dan memanah yang dilaksanakan pada 12-13 Mei 2022 di Pondok Pesantren Putra untuk memanah dan Gedung Almuhsinin untuk pencak silat. Kegiatan ini akan diikuti oleh para santri Alkhairaat se Indonesia dan menjaring para talenta muda berbakat olahraga. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas