Salah satu karyawan Alfamidi Palu memperlihatkan produk Kinder Joy yang dipasarkan kembali di toko. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Setelah beberapa waktu lalu produk Kinder Joy ditarik dipasaran, kini permen cokelat itu kembali dijual di Alfamidi atau salah satu toko ritel moderen yang ada di Kota Palu.

Sebelumnya pada 11 April 2022 lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menarik produk Kinder Joy karena diklaim tercemar bakteri Salmonella.

Corporate Communication Alfamidi, Arif L Nursandi mengatakan bahwa pihaknya telah kembali menjual Kinder Joy setelah BPOM menunjukkan produk tersebut sudah terbebas dari bakteri Salmonella.

“Produk Kinder Joy milik PT Ferrero Confectionery Indonesia sudah dijual lagi di toko kami,” terangnya usai dihubungi Metrosulawesi melalui sambungan telepon, Selasa (10/5/2022).

Dijelaskan, terdapat tiga varian produk Kinder Joy yang dijual Alfamidi yakni KJ Boys 20gr, KJ Girl 20gr, dan KJ Natoons. Ketiga produk itu pula yang telah diuji oleh BPOM dan dinyatakan tidak tercemar Salmonella.

“Hasil pengujian laboratorium BPOM menunjukkan ketiga produk tersebut negatif cemaran Salmonella,” katanya.

Arif menambahkan, produk yang dijual di toko juga dipastikan produk yang telah diproduksi setelah Kinder Joy dinyatakan terbebas dari Salmonella.

Sementara itu, BPOM pun mengizinkan produk cokelat asal Belgia itu kembali beredar di minimarket, karena diklaim aman untuk dikonsumsi.

“Ya, instruksi pusat yang kami terima produk itu sudah bisa kembali dijajakan,” kata Kepala BPOM di Palu, Agus Riyanto melalui pesan singkatnya belum lama ini.

Masyarakat diimbau agar menjadi konsumen cerdas dan selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas