Salah satu pedagang cabai yang ada di Pasar Masomba Palu. Harga cabai rawit merah mengalami penurunan tajam dari Rp50 ribu perkilogram menjadi Rp25 ribu perkilogramnya. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Usai lebaran hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi, harga komoditas cabai rawit merah yang ada di sejumlah pasar tradisional Kota Palu mengalami penurunan dari Rp50 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogram.

Pantauan Metrosulawesi di Pasar Masomba Palu, Senin (9/5/2022), beberapa pedagang mengaku turunnya harga akibat pasokan stok cabai merah yang masuk sangat banyak dari wilayah terdekat dengan Kota Palu.

“Sudah tiga hari harga turun begini. Ini karena hasil panen dari petani, dan mereka jual ke pasar itu banyak sekali. Stok yang datang dari Napu, Morowali, Sigi, Poso, dan Parigi Moutong,” ucap Sumiati salah satu pedagang.

Sementara itu, Sumiati mengungkapkan, untuk harga cabai rawit hijau mencapai sekitar Rp40 ribu perkilogram. Sedangkan, komoditas bawang merah dan bawang putih saat ini masih bertahan di angka Rp35 ribu perkilogram.

“Tomat sayur juga ikut turun dari Rp15 ribu menjadi Rp10 ribu perkilogram. Kalau telur harganya turun dari Rp55 menjadi Rp52 ribu per rak, tepung terigu Rp12 ribu/kg dan gula pasir Rp15 ribu perkilogram,” ungkapnya.

Cabai keriting berkisar Rp35 ribu perkilogram. Sama halnya daging ayam yang sebelumnya di kisaran Rp60-65 ribu perkilogram, kini naik sekitar Rp70 ribu perkilogram. Begitu pula daging sapi yang tetap bertahan di angka Rp130-135 ribu perkilogram.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas