TEKEN MOU - Bupati Morut Delis J Hehi saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU-Memorandum of Understanding) dengan Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Prof Dr Jamaluddin Jompa di Makassar, Kamis (28/4). (Foto: Ist)

Morut, Metrosulawesi.id – Bupati Morowali Utara Delis J Hehi mengungkapkan, tahun ini memprioritaskan penyusunan master plan Kota Kolonodale.

Mater plan itu sebagai acuan untuk program pembangunan ibu kota kabupaten yang merupakan salah satu program prioritas Pemkab Morut.

Hal itu diuangkapkan Delis J Hehi saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU-Memorandum of Understanding) dengan Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Prof Dr Jamaluddin Jompa di Makassar, Kamis (28/4).

Bupati mengatakan, penyusunan master plan adalah salah satu yang dikerjasamakan. Selain Unhas, penyusunan master plan Kota Kolonodale ini juga akan melibatkan beberapa tenaga ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Adapun obyek MoU adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Penelitian, Perencanaan serta Pengembangan IPTEK yang terkait dengan potensi kewilayahan di Kabupaten Morowali Utara.

Kepala Dinas PUPR Morut Destuber Mato’ori, ST.MT yang menghadiri langsung acara tersebut menjelaskan bahwa ruang lingkup MoU meliputi Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia; Pendidikan dan Pelatihan, Pengabdian kepada Masyarakat, Perencanaan dan Pengembangan pembangunan di wilayah Kabupaten Morowali Utara serta kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak.

Bupati Morut Delis J. Hehi diawal sambutannya mengucapkan selamat kepada Prof. Jamaluddin Jompa sebagai rektor baru Unhas periode 2022-2026.

Selanjutnya Delis menjelaskan bahwa Morut merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam namun saat ini belum membawa dampak yang berarti bagi perkembangan perekonomian masyarakat.

Olehnya dibutuhkan pihak-pihak lain seperti Unhas untuk membantu pemda dalam mempersiapkan SDM dan perencanaan yang baik dan terintegrasi.

Selain itu pengelolaan pertambangan, terutama dalam mengurangi dampak lingkungan dan pascatambang, serta pengembangan rumput laut, juga akan menjadi perhatian dalam kerja sama ini.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unhas yang baru sehari dilantik menjadi rektor yakni pada 27 April menyatakan kesiapan untuk membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Morut dengan menyiapkan tenaga-tenaga ahli yang dimiliki oleh Unhas. Prof Jamaludin juga mengucapkan selamat dan bangga kepada Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS sebagai Bupati Morut.

“Kebanggaan ini disampaikan karena Delis salah satu alumni terbaik Unhas yang dapat mengabdikan diri untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas