Kepala Lapas Kelas III Parigi, Didik Niryanto, saat menyerahkan surat bebas kepada salah satu warga binaan, Senin 2 Mei 2022. (Foto: Dok. Lapas Parigi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Sebanyak 176 warga binaan Lapas Kelas III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mendapatkan remisi khusus Idul Fitri tahun 2022.

Bahkan, dari 176 warga binaan itu, seorang di antaranya langsung mendapat remisi bebas pada momen hari besar umat islam tersebut.

“Dari jumlah 261 orang warga binaan Lapas Parigi, 176 mendapat remisi, serta satu orang yang mendapatkan remisi bebas atau remisi dua,” ungkap Kepala Lapas Kelas III Parigi, Didik Niryanto, kepada sejumlah wartawan, Senin 2 Mei 2022.

Didik mengatakan, untuk mendapatkan remisi, pihaknya melakukan penilaian subtantif dan administratif terhadap seluruh warga binaan.

Untuk penilaian subtantif, pihak lapas akan akan memantau perilaku baik maupun komunikasi warga binaan serta tidak melakukan pelanggaran.

“Sementara untuk penilaian administratif, warga binaan harus menjalani minimal 6 bulan masa pidana,” terangnya.

Didik berharap, remisi yang diberikan kepada warga binaan menjadi sebuah motivasi. Tentunya, dengan harapan agar kedepan bisa lebih baik lagi selama menjalani masa hukuman dengan tujuan dapat bersosialisasi dengan masyarakat saat menghirup udara bebas.

“Kembali lagi di masyarakat untuk menjadi warga yang baik, begitu juga yang masih menjalani masa hukuman, pemeberian hadiah kebebasan ini bisa menambah semangat mereka dalam melaksanaan binaan di lapas,” pungkasnya.

Reporter: Faiz M. Sengka
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas