TES URINE - Suasana kegiatan tes urine, terhadap sejumlah Sopir. (Foto: Ist/ Dok. Polsek Palu Barat)

Palu, Metrosulawesi.id Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Barat, Polresta Palu, Jumat (29/4/2022), Pagi, melakukan tes urine kepada sejumlah supir bus, untuk memastikan para sopir itu tidak menggunakan Narkoba.

Kegiatan tes urine terhadap para sopir ini, dilaksanakan di Terminal Tipo. Palu Barat. Selain pemeriksan urine, para sopir itu juga di cek kesehatannya oleh petugas kesehatan dari PKM Tipo.

Kapolsek Palu Barat, IPTU Rustang SH, kepada Metrosulawesi.id, menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari Operasi Ketupat Tinombala 2022.

” Ini dilqkukan guna mencegah terjadinya kecelakaan dan untuk kelancaran mudik,” ucapnya.

Rustang juga mengatakan, dalam pemeriksaan pertama, ada delapan sopir yang menjalani pemeriksaan urine, dan disaat itu juga bisa diketahui hasilnya.

“Delapan sopir bus itu, dari hasil tes urin, mereka dinyatakan negatif dari narkoba, ” ungkapnya.

Kapolsek Palu Barat, menjelaskan, dalam rangkaian operasi Ketupat Tinombala 2022 di Terminal Tipo juga ada Pos  Pelayanan, dimana personelnya ada dari TNI dan Dinas Kesehatan juga ikut berjaga.

‘’Mengingat pada H-3 Idul Fitri kepadatan para pemudik mulai meningkat. Sehingga selain pemeriksaan kepada sopir, juga dilakukan pemeriksaan dosis vaksin kepada penumpang,’’ ujar Rustang.

“Berdasarkan perintah Presiden kartu vaksin, dan bila ditemukan warga yang belum Booster langsung di arahkan ke tempat yang sudah disiapkan untuk vaksin,” papar Rustang.

Jika hasil tes urine kedapatan positif narkoba, lanjut  Rustang, pihaknya langsung memberikan tindakan tegas, dengan tidak mengizinkan melakukan perjalanan, dan akan diserahkan kepada BNN untuk proses penangananya.

“Petujuk BNN kemarin apabila ditemukan positif akan dilimpahkan ke BNN untuk proses selanjutnya,” tutupnya.(*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas