Prof. Abidin Djafar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Prof. Abidin Djafar mengatakan, saat ini UIN Palu menyiapkan layanan pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) Tahun 2022.

“Saat ini UIN siapkan layanan pendaftaran mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN di Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru,” kata Abidin, di Palu, belum lama ini. 

Abidin mengatakan, penerimaan mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN mulai dibuka pada Senin kemarin pada pukul 14.00 wita atau 13.00 wib. Pendaftaran dilakukan secara daring.

“Kementerian Agama dan Panitia Pusat penerimaan mahasiswa baru memberikan kuota kepada UIN Palu sebanyak 45 persen atau 967 orang mahasiswa baru jalur UMPTKIN,” ujarnya.

Kata dia, untuk memudahkan masyarakat khususnya generasi muda mendaftar di UIN Palu, maka UIN menyiapkan layanan pendaftaran yang di dalamnya calon pendaftar akan dibimbing untuk mendaftar secara online.

“Hal ini untuk membantu, memudahkan masyarakat mendaftar di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri,” ujarnya.

Dengan layanan tersebut, kata Abidin, calon pendaftar yang belum melek teknologi, serta tidak memiliki koneksi internet, dapat melakukan pendaftaran di sekretariat pendaftaran yang disiapkan UIN Palu.

“UIN Palu menyiapkam segala sarana untuk kemudahan pendaftaran, mulai dari komputer hingga internet semuanya disiapkan. Pendaftaran yang dibuka pada 25 April itu akan berakhir atau di tutup pada 4 Juli 2022,” ungkapnya.

Olehnya itu, Abidin mengimbau, kepada pihak SMA, Madrasah Aliyah, SMK, dan pondok pesantren agar segera mendaftarkan siswa-siswinya di sekretariat pendaftaran yang disiapkan.

“Terdapat tiga jalur pendaftaran untuk masuk PTKIN meliputi Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), UMPTKIN, dan jalur mandiri. Untuk jalur SPAN telah selesai, jumlah pendaftar sebanyak 1.772 orang. Target kami di jalur UMPTKIN ini yaitu kuota yang diberikan tercapai yakni 967 pendaftar,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas