LANTIK PEJABAT - Salah satu pejabat yang dilantik menandatangani berita acara di hadapan Gubernur H. Rusdy Mastura, Kamis 28 April 2022. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura didampingi wakilnya Ma’mun Amir melantik sebanyak 361 pejabat di lingkup Pemprov Sulteng, Kamis 28 April 2022.

Ke-361 pejabat yang dilantik itu terdiri atas pejabat pengawas sebanyak 224 orang dan pejabat administrator sebanyak 137 orang. Pelantikan berlangsung secara virtual. Namun beberapa di antaranya dilakukan langsung di rumah Jabatan Gubernur.

Pada kesempatan itu Gubernur Rusdy mengatakan, pelantikan para pejabat untuk menjalankan pelayanan, roda pemerintahan dan pembangunan untuk dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sulteng.

“Karena dilaksanakan pada bulan yang berkah, saya berharap semoga pelantikan ini membawa hasil-hasil terbaik bagi kinerja birokrasi dan utamanya bagi pembangunan, gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju,” tandas gubernur.

Gubernur pun berharap pejabat yang dilantik dapat beradaptasi dan berkolaborasi dengan para pejabat struktural yang lain di OPD masing-masing.

Puasa Ramadan kata gubernur, membentuk karakter dalam self-leadership (memimpin diri sendiri) dan self-control (mengendalikan diri). Dengan begitu, emosi akan menjadi lebih stabil, sehingga seorang pemimpin tidak akan mudah marah dan tersinggung, tidak anti kritik, senang berdiskusi dan menerima masukan, sekaligus dapat menjadi teladan bagi bawahan.

Pada kesempatan itu gubernur membeber sejumlah keberhasilan yang dicapai pada 2021. Yakni pertumbuhan ekonomi menembus angka 11,70 %, jauh di atas nasional yang hanya sebesar 3,69%; Tingkat kemiskinan menurun dari 13,06 % menjadi 12,18 %; Tingkat pengangguran terbuka menurun dari 3,77 % menjadi 3,75 %; Indeks gini menjadi 0,326 dan masih lebih baik dibandingkan indeks gini nasional sebesar 0,381; Dan tingkat IPM meningkat dari 69,55 poin menjadi 69,79 poin.

“Olehnya, saya meminta para pejabat administrator dan pengawas untuk melakukan sinergi dan inovasi dalam mewujudkan program-program unggulan daerah,” tandas gubernur. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas