RUANG IPJT - Direktur RSUD Undata Sulteng, drg. Herry Mulyadi, saat meninjau sejumlah ruangan Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu (IPJT), bersama sejumlah stafnya, Rabu, 27 April 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Moh. Fadel)
  • RSUD Undata Punya Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu

Tahun depan Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu di RSU Undata Sulawesi Tengah akan mulai digunakan. Segala peralatan dan sarananya sudah disiapkan. Tinggal menunggu izin operasional yang saat ini masih dalam proses.

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Provinsi Sulteng, drg. Herry Mulyadi, bersama timnya meninjau kesiapan sejumlah sarana prasarana dan alat medis di ruangan Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu, yang rencananya bakal digunakan pada 2023 mendatang.

“RSUD Undata Sulteng, saat ini telah miliki beberapa pelayanan unggulan, dan sudah memiliki Instalasi Jantung Terpadu. Ada beberapa sarana prasarana pendukung kegiatan pelayanan khusus pasien jantung, baik operasi maupun layanan,” kata drg Herry saat menunjukan ruangan Instalasi Jantung Terpadu, Rabu, 27 April 2022.

“Di gedung layanan jantung terpadu ini, memiliki lima ruangan operasi, dan sekitar dua unit sudah terisi alat-alat operasi yang memang telah memenuhi standar dari Kementerian Kesehatan,” tambah drg Herry.

Herry mengatakan, saat ini RSUD Undata Sulteng sedang proses perizinan untuk pengoperasian ruangan Instalasi Jantung Terpadu tersebut.

Sambil menungu proses perizinan, pihaknya juga akan melengkapi sejumlah peralatan.

“Bapak Gubernur sudah meminta segera memasukkan usulan-usulan peralatan-peralatan yang masih kurang. Alhamdulillah kami sudah mengusulkan, mungkin di ABT sudah bisa dipenuhi, agar proses ini bisa berjalan cepat sehingga tahun 2023 sudah bisa digunakan,” ungkapnya.

Yang jelas, kata Herry, untuk alat-alat utama sudah ada di ruangan Instalasi Jantung Terpadu itu, tinggal alat-alat tambahan yang dibutuhkan. Kalau sarana infrastruktur sudah ada, tinggal menunggu izin baru dapat pengoperasian instalasi jatung terpadu tersebut.

Dengan beroperasinya Instalasi Pelayanan Jatung Terpadu di RSUD Undata Sulteng nanti, maka tidak perlu lagi ada yang dirujuk ke luar daerah.

Herry mengatakan, saat ini sarana dan prasarana di RSU Undata sudah cukup bagus. Tidak hanya peralatan, tenaga-tenaga dokter spesialis pun sudah cukup banyak.

“Yang jelas beberapa sumber daya manusia yang sementara sekolah dalam waktu dekat akan selesai. Inilah yang akan melengkapi seluruh SDM untuk melaksanakan pelayanan subspesialis, sehingga rumah sakit Undata bisa menjadi rujukan,” katanya.

Selain Instalasi Jantung Terpadu, pihak RSU Undata juga segera mengadakan Poli Khusus VIP. Bahkan, kemungkinan sudah akan bisa digunakan setelah Lebaran Idul Fitri nanti.

“Jadi saya dengan teman-teman seluruh dokter sangat berkomitmen untuk memajukan RSUD Undata ini. Kalau sebelumnya banyak keluhan, insya allah kita berusaha meminimalisir keluhan yang ada, yang jelas dalam sebulan ini sudah ada peningkatan,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas