PASAR TANI - Wagub meninjau stan penjual buah durian di lokasi Pasar Tani halaman Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu, Rabu 27 April 2022. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Palu menggelar Pasar Tani untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok menjelang lebaran Idul Fitri.

Pasar Tani dimulai Rabu akan berlangsung hingga Kamis hari ini 28 April 2022, di halaman kantor BKP Kelas II Palu dibuka oleh Wagub Sulteng H Ma’mun Amir. Pasar tani tersebut sebagai tindak lanjut perintah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Wagub Ma’mun Amir berharap pasar tani dapat memberi manfaat kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokoknya jelang hari raya dengan harga wajar.

“Saya sebagai pimpinan daerah mewakili gubernur, sangat bergembira dan memberi apresiasi setinggi-tingginya terhadap balai yang telah melaksanakan pasar tani,” kata Wagub.

Wagub juga mengharapkan pasar tani berkorelasi dengan peningkatan pendapatan petani dan produktivitas pertanian, khususnya dalam menghadapi Sulteng sebagai penyangga pangan IKN Nusantara.

Kepala BKP Kelas II Palu Amril, S.Sos, MM mengatakan, tujuan utama pasar tani untuk menunjukkan ketersediaan bahan-bahan pokok tidak mengalami kelangkaan di Sulteng.

Kepala Pusat Kepatuhan, Kerja Sama, Informasi Perkarantinaan (Kapus KKIP) Kementan Ir. Junaidi, MM mengharapkan pelaksanaan pasar tani secara serentak di semua provinsi dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan-bahan pokok jelang hari raya tanpa khawatir kehabisan stok.

Sehingga, aksi memborong dan menimbun bahan-bahan pokok dianggapnya tidak perlu masyarakat lakukan karena stok saat ini melimpah ruah.

Usai membuka pasar tani Wagub dan pejabat Badan Karantina Pertanian menyerahkan paket sembako kepada penerima manfaat dari panti asuhan Darussalam Palu. Dilanjutkan peninjauan ke stan penjualan antara lain stan Toko tani Indonesia, Karya tani mandiri, Tahu Tempe Monas, Prima Food dan lain-lain. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas