ILUSTRASI - Tinju amatir salah satu cabor yang dipertandingkan pada Poprov Banggai. (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Palu, Metrosulawesi.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah belum lama ini melakukan verifikasi terkait jumlah cabor dan juga fasilitas yang dibutuhkan untuk pecan olahraga provinsi di Banggai. Pada pembahasan itu, KONI memangkas sejumlah kebutuhan anggaran yang ternyata juga sudah diajukan oleh panitia lokal.

Sugianto Djanun kordinator wilayah KONI Banggai menuturkan, verifikasi yang dilakukan di Palu cukup ketat. Pihaknya, kata dia, sejauh ini sudah masuk kepada angka kebutuhan anggaran yang dibutuhkan. Adapun sejumlah kebutuhan yang dikurangi adalah kebanyakan non teknis.

“Karena yang kami anggarkan, dianggarkan juga di Kabupaten, jadi banyak pengurangan yang sangat signifikan, harusnya hal-hal yang di luar non teknis itu adalah bagian dari kerja panitia lokal, mulai dari makan, tempat tinggal, itu kan urusan mereka,” kata Sugi sapaan akrabnya saat dihubungi Metrosulawesi, Rabu (27/04/2022).

“Bukan berarti kami tidak mengakomodasi, tetapi itu bagian dari kabupaten Banggai sebagai tuan rumah,” imbuh dia.

Selain itu, Sugi mengatakan ada beberapa kebutuhan lainnya dalam anggaran yang harus dikurangi. Pada prinsipnya kata dia, Koni tidak terlalu banyak mencampuri urusan teknis dari setiap cabang olahraga. Olehnya dalam waktu dekat pihaknya kembali melakukan tahapan verifikasi ataupun mengkombinasikan kebutuhan KONI dengan panitia lokal.

“Jadi nanti kalau sudah kami dapatkan angkanya maka kami akan segera ajukan di Provinsi, dari situ apabila keluar anggaran maka bagaimana lagi pembagiannya. Nanti kami akan ke Palu lagi,” ujarnya.

2000 Medali di 24 Cabor Dipertandingkan 

Di sisi lain, Sugi menambahkan pada rapat verifikasi sebelumnya juga sudah dispekati bahwa cabang olahraga yang dipertandingkan tidak berubah yakni tetap 24 Cabor 26 Disiplin pertandingan. Namun kata dia, ada penyesuaian nomor pertandingan yang berkurang secara tidak signifikan.

“Dari cabor itu ada kurang lebih panitia akan menyiapkan 2000 medali perak, perunggu dan emas,” katanya.

Selain itu pihaknya kata dia, kemarin juga sudah melakukan rapat bersama dengan pengurus di Kabupaten, terkait mengenai pelaksanaan  upacara, sponsorhip, kesehatan, dan akomodasi.  Selanjutnya pihaknya masih akan melakukan verifikasi kebutuhan masing-masing cabang olahraga.  (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas