TERIMA BANTUAN - Tampak kedua penerima bantuan dana masing-masing Rp1 juta seperti yang dijanjikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura-Ma’mun Amir, Selasa 26 April 2022. (Foto: Istimewa)
  • Tahap Pertama Sasar 10 Ribu KK Tanpa Potongan

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura-Ma’mun Amir, menunaikan janji politiknya memberi bantuan kepada masyarakat miskin di daerah ini. Bantuan tersebut sebesar Rp1 juta untuk masing-masing penerima yang mulai disalurkan sejak 26 April 2022.
 
“Ini janji politiknya beliau saat kampanye Pilkada lalu yang bertujuan membantu masyarakat kurang mampu,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulteng, Siti Hasbia N Zaenong, kepada Metrosulawesi, Rabu 27 April 2022.

Hasbia menerangkan bantuan yang disalurkan ini untuk tahap pertama menyasar 10.000 KK warga miskin dengan total anggaran sebesar Rp10 miliar. Penyalurannya dilakukan secara serentak melalui Bank Sulteng di seluruh kabupaten/kota Sesulawesi Tengah.

“Jadi penerima yang mendatangi Bank Sulteng dengan membawa buku rekening dan KK,” terang Hasbia.

Dia memastikan dalam proses penyaluran bantuan Gubernur Sulteng tidak ada pemotongan. Olehnya diingatkan pihak-pihak terkait jangan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok.

Hasbia menuturkan untuk tahap kedua, Pemprov akan kembali menyalurkan bantuan serupa menyasar 19.924 rumah tangga miskin dengan total anggaran yang lebih banyak yakni sebesar Rp19 miliar.

“Jadi kita bikin bertahap penyalurannya karena keterbatasan anggaran, nanti Desember lagi tahap kedua melalui APBD Perubahan,” tuturnya.

Selanjutnya untuk penyaluran tahap tiga dan seterusnya akan dilakukan pada tahun anggaran berikutnya pada 2023 mendatang. Diupayakan bantuan gubernur bisa dirasakan banyak masyarakat dengan status rumah tangga miskin.

Hasibia mengharapkan bantuan Gubernur Rusdi Mastura dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar penerima, khususnya momentum lebaran Idulfitri 1443 H/2022 M yang tinggal menghitung hari.

“Begitu tujuan pak gubernur dan wakil gubernur agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dasar saat lebaran Idul Fitri. Dengan begitu penerima bantuan bisa ikut merasakan kebahagiaan Idul Fitri,” pungkasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas