BERI KETERANGAN PERS - Sirajuddin Ramli, Ketua DMI Kota Palu, saat memberikan saat meberikan keterangan pers. (Foto: DMI Kota Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, memprioritaskan pengembangan fungsi masjid untuk menopang pembangunan kemakmuran umat dalam program kerjanya.

Ketua DMI Kota Palu, Sirajuddin Ramli, dalam keterangan tertulisnya Rabu, 27 April 2022, menjelaskan sesuai dengan visi DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid, maka program DMI Palu merupakan tindaklanjut dari visi tersebut yang berorientasi pada pembangunan kemakmuran masjid.

“Pengembangan fungsi masjid yaitu menjadikan masjid sebagai pusat perubahan, yang di dalamnya mengandung fungsi pendidikan, sosial, dan keagamaan, dan fungsi ekonomi,” ucapnya.

Namun, ujar dia, untuk optimalisasi implementasi visi tersebut dibutuhkan kerjasama DMI dengan multi pihak. Termasuk, sinergitas DMI Kota Palu dengan PW DMI Sulteng.

“DMI adalah organisasi besar dengan visi yang sangat besar. Kerjasama menjadi kata kunci untuk mewujudkan visi tersebut,” ungkapnya.

Sekretaris Umum PW DMI Provinsi Sulteng, Muchtar Ibnu Masud mengemukakan sinergitas DMI provinsi dengan kabupaten/kota menjadi hal penting untuk pengembangan fungsi masjid sebagai upaya memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

DMI, sebutnya, merupakan satu wadah yang di dalamnya terdiri dari berbagai komponen dan elemen masyarakat dengan latar belakang yang beragam, namun tujuannya satu yaitu mengabdi kepada umat.

“DMI membuka diri dan siap bekerja sama dengan siapapun dan elemen apapun, dalam rangka memakmurkan umat/masyarakat,” kata Muchtar.

DMI Kota Palu telah menggelar musyawarah daerah pada Selasa malam, 26 April 2022, di Sekretariat PW DMI Sulteng. Dalam musyawarah itu, Sirajuddin Ramli ditetapkan sebagai Ketua DMI Kota Palu periode 2022-2027.

Sirajudin Ramli merupakan salah satu perwira aktif yang saat ini bertugas di Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). AKBP Sirajudin Ramli pernah menjabat sebagai Kapolres Parigi Moutong.

“Saya telah menghadap kepada Kapolda Sulteng untuk memohon izin dan restu beliau, dan Alhamdulillah Bapak Kapolda memberikan restu kepada saya untuk menjadi pengurus DMI Kota Palu membantu Ketua PW DMI Sulteng Ahmad M Ali,” ujarnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas