Norma Mardjanu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Sulteng digandeng pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk menyukseskan program-program Gubernur Rusdi Mastura dan Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

“Salah satu tugas dan fungsi utama BMA yaitu membantu pemerintah dalam hal mengatasi konflik di masyarakat,” ujar Bendahara Umum BMA Provinsi Sulteng, Hj Siti Norma Mardjanu, Selasa 26 April 2022.

Mengacu tugas dan fungsi tersebut, BMA digandeng untuk berjalan beriringan dengan dinas terkait. Sasaran program yang akan dilaksanakan sesuai visi-misi Gubernur Rusdi dan Wagub Ma’mun.

Secara spesifik, BMA akan ikut serta membantu pemerintah mengatasi konflik sosial di masyarakat antara lain pencegahan obat terlarang, KDRT, pelecehan sexsual, kekerasan terhadap anak, agraria, tanah adat, dan lainnya.

Yang tidak kalah penting peran BMA kata Norma yaitu penguatan peran dewan adat dan pemangku adat dalam mengembangkan nilai-nilai luhur budaya, pengembangan, pemanfaatan, serta pelestarian keanekaragaman budaya daerah.

Norma menyebut BMA Sulteng dibentuk dengan tujuan mewujudkan peran aktif lembaga adat dalam pembangunan bidang kebudayaan di daerah dan nasional. Ini sebagaimana amanat Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kebudayaan Daerah.

“Tugas dan fungsi berikutnya untuk pelestarian, pengembangan, pembinaan dan pemanfaatan nilai-nilai keanekaragaman budaya berbasis kearifan lokal daerah,” ujar mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulteng itu.

Dalam tugas dan fungsinya, BMA membangun harmonisasi lintas lembaga adat, melakukan pembinaan, dan melestarikan keanekaragaman budaya. Misi BMA terwujudnya harmonisasi dalam keberagaman budaya menuju ketahanan bangsa dan peradaban dunia.

Norma menambahkan BMA Provinsi Sulteng salah satu organisasi yang telah diakui oleh pemerintah. Di Sulteng, pengurus BMA dikukuhkan oleh Gubernur H Longki Djanggola pada 20 Desember 2019.

“BMA merupakan mitra kerja pemerintah dalam menjalankan tugasnya,” pungkas mantan Staf Ahli Gubernur Sulteng itu.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas