BERLATIH - Farid, Skateboarder saat berlatih di Taman GOR Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Ist/ Gunawan KIS Sulteng)
  • Target Pertahankan Medali di Fornas

Palu, Metrosulawesi.id Sejumlah Inorga di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai mempersiapkan atletnya untuk berlaga pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) di Palembang bulan juli mendatang. Salah satu cabor itu adalah skateboard. Komunitas Indonesia Skateboarding (KIS) Sulteng menaruh target atlet mereka bisa mendulang medali pada ajang tersebut.

Ketua KIS Sulteng, Eko Yulianto kepada Metrosulawesi mengatakan, pihaknya bulan Maret kemarin telah mengadakan seleksi Fornas. Dia bilang, dari 30 lebih peserta ada sebanyak lima orang atlet yang dinyatakan lolos seleksi.

“Lima atlet itu rencana kami akan berangkatkan ke Fornas, mereka mengisi di antaranya kelas Open, Beginner, dan Under Sixteen. Sekarang kami hanya menunggu informasi dari Kormi Sulteng terkait pendanaan dan keberangkatan atlet,” kata Eko, Jumat (22/04/2022).

Eko mengatakan, merujuk pada hasil raihan medali perak yang diraih Farid pada Fornas di Samarinda sebelumnya, KIS Sulteng optimis hal tersebut bisa dipertahankan. Bahkan KIS Sulteng kata dia, menaruh target skateboarder andalan Sulteng bisa meraih emas di ajang Fornas nanti.

“Sebelumnya kami berhasil meraih medali Perak atas nama Farid, ini menjadi catatan bagi kami untuk lebih meningkatkan prestasi di ajang Fornas nanti. Semoga anak-anak nanti ya bisa medali lagi, bisa mengasah mental juga, terutama lebih memasyarakatkan olahraga skateboarding,” katanya.

Terkait perkembangan olahraga rekreasi skateboard dan bibit atlet di Sulteng, Eko mengatakan, positif karena kian digemari masyarakat khususnya anak muda. Saat ini kata dia, KIS Sulteng telah memiliki kurang lebih 50 anggota.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa saat ini fasilitas bagi pecinta skateboarding khususnya di Kota Palu sangat kurang. Sejauh ini kata dia, para rider di Palu hanya menggunakan arena yang berada di taman GOR. Ia pun berharap olahraga yang dicintai kalangan anak muda ini lebih mendapat perhatian serius dari pemerintah. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas