BERKUNJUNG - Sejumlah siswa dan orang tua terlihat senang, saat mengunjungi museum mini yang ada di SMA Al-Azhar Mandiri Palu dan pertama di Sulawesi Tengah, belum lama ini. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Peresmian museum mini yang ada di SMA Al-Azhar Mandiri Palu dianggap akan menjadi sumber kreativitas siswa-siswi dan tentunya sebagai pengenalan sejarah di wilayah Sulawesi Tengah.

Acara tersebut diselenggarakan pada Rabu sore, 20 April 2022, yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama yang dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Palu, Hardi. Bukan itu saja, terlihat pula Area Manager BSI Palu, Wawan Purwantoro.

Direktur SMA Al-Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit Arsyad mengatakan bahwa ini adalah museum mini pertama di Sulteng. Sedangkan, dirinya juga mengaku untuk konsep terinspirasi dari museum peradaban dunia.

“Semoga dengan adanya museum mini, siswa maupun siswi nantinya bisa mengembangkan pembelajaran terhadap sejarah. Karena berbicara lewat karya seni, maka tak mustahil begitulah wujud cinta kita kepada Tuhan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Palu, Hardi menjelaskan fasilitas yang disediakan di museum mini cukup banyak. Selain punya nilai sejarah, adapula bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

“Kami dari pemerintah sangat memberikan apresiasi atas diresmikannya museum mini yang dimiliki oleh SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Sebab ini merupakan suatu kemajuan yang dikenalkan oleh satuan pendidikan di Kota Palu,” jelas Hardi.

Selain dapat mengenal sejarah peradaban Kota Palu, Hardi mengatakan hal ini juga mampu memperlihatkan perkembangan teknologi pendidikan, dimulai dari batu tulis sampai pada kapur, hingga ke sistem yang canggih.

“Mungkin dengan mempelajari sejarah, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi siswa dan siswi untuk berkarya agar lebih baik lagi ke depannya. Karena ini adalah museum mini yang pertama ada di Sulawesi Tengah,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel – Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas