Irfa Ampri. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Direktorat Jenderal Perbenda- haraan (DJPb) Kantor Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah mencatatkan terkait realisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Sulteng per 31 Maret 2022 mencapai Rp3,5 triliun.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Sulteng dan Kakanwil DJPb Sulteng, Irfa Ampri, mengatakan untuk realisasi tersebut sudah mencapai 23,17 persen dari to- tal pagu TKDD Sulteng tahun ini yakni sebesar Rp15,4 triliun.

“Pemerintah mengarahkan anggaran TKDD pada tahun 2022 sejalan dengan prinsip desentralisasi yang berjalan baik dan percepatan pembangunan yang berbasis pemerataan,” kata, Jumat (22/4/2022).

Dengan demikian, lanjutnya, TKDD dapat mendukung pemulihan ekonomi daerah, menjaga kesehatan, memberikan perlindungan sosial, dan mendorong pemanfaatan dana desa untuk program prioritas desa. Kebijakan TKDD tahun 2022 diarahkan untuk tiga prioritas.

Pertama, melanjutkan kebijakan perbaikan kualitas belanja daerah untuk meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan antar daerah.

Kedua, melanjutkan penguatan sinergi perencanaan penganggaran melalui peningkatan harmonisasi belanja Kementerian/Lembaga dan TKDD, terutama terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

Ketiga, melanjutkan kebijakan penggunaan DTU untuk peningkatan kualitas infrastruktur publik di daerah, pemulihan ekonomi di daerah dan pembangunan SDM.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas