PENGHORMATAN - Kapolresta Palu, Kombes Pol. Barliansyah, bersama istri saat menerima penghormatan Pedang Pora saat memasuki Mako Polresta Palu, Selasa 19 April 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Acara Pisah Sambut Kapolresta Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Usai dilakukannya upacara serah terima jabatan oleh Kapolda Sulteng, kini jabatan Kapolresta Palu resmi dijabat olah Kombes Pol Barliansyah. Hal itu ditandai dengan dilakukannya giat Pisah Sambut antar Kapolres lama dan Kapolresta yang baru menjabat di Mapolresta Palu Jalan Samratulangi, Selasa sore, 19 April 2022.

Kombes Pol. Barliansyah, merupakan Kapolresta Palu pertama yang menyandang pangkat Komisaris Besar (Kombes) Polisi, setelah adanya perubahan tipologi Polres Palu menjadi Polresta Palu, berdasarkan surat Kemenpan RB nomor B/42/M.KT.01/2022 tanggal 11 Januari 2022 dan Keputusan Kapolri nomor KEP/117/I/2022 tanggal 24 Januari 2022.

Kedatangan Kombes Pol. Barliansyah di Mapolresta Palu disambut langsung oleh AKBP Bayu Indra Wiguno, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pedang pora yang merupakan tradisi kedinasan dalam penyambutan pejabat dalam hal ini Kapolres yang baru.

Tidak hanya itu Tari Pamonte yang merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Sulawesi Tengah dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu penting, juga mewarnai kehadiran pimpinan baru itu.

Usai berjabatan tangan dengan sejumlah pejabat dan para personel Polresta Palu, kegiatan lalu dilanjutkan dengan upacara pisah sambut yang berlangsung di halaman Mapolresta Palu.

Dalam kesempatan itu Kapolres yang lama AKBP Bayu Indra Wiguno, menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kapolresta yang baru Kombes Pol Barliansya di Polresta Palu.

“Atas nama pribadi dan keluarga saya memohon maaf yang sebesar-besarnya bila dalam masa kepemimpinan saya disini ada hal-hal yang tidak menyenangkan di hati saudara-saudara, sekali lagi saya memohon maaf. Selanjutnya dengan kehadiran Bapak Kombes Pol Barliansyah selaku Kapolres yang baru saya berharap dapat melanjutkan program-program yang telah ada dan bahkan bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu Kapolresta yang baru Kombes Pol Barliansyah memberikan apresiasi kepada AKPB Bayu Indra Wiguno atas kinerja dan program yang telah dikerjakan selama menjabat sebagai Kapolres Palu.

“Saya ucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kembali di tempat yang baru. Kemudian untuk program-program kerja yang telah ada Insyaallah akan kami lanjutkan dengan program-program yang akan kami lakukan serta dengan metode yang sudah kami siapkan, karena metode kepemimpinan setiap orang tentu saja berbeda-beda,” ujarnya.

Kegiatan pisah sambut itu selanjutnya diakhiri dengan prosesi pedang pora dalam rangka mengantar kepergian AKBP Bayu Indra Wiguno bersama isteri. Suasan harupun tampak terlihat dalam prosesi pelepasan mantan Kapolres Palu itu.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas