Ilustrasi. (Foto: Ist)

DI zaman modern seperti sekarang, merawat wajah dan tubuh di salon bukan lagi hal yang hanya dilakukan para kaum hawa. Kaum Adam, kini juga banyak yang melakukannya. Semakin diterimanya status pria metroseksual, dan juga semakin butuhnya para pria menerima aneka jenis perawatan tubuh tersebut membuat berbagai macam jenis perawatan tubuh dan wajah semakin berkembang juga.

Untuk Anda yang belum tahu apa saja jenis-jenis perawatan tubuh dan wajah yang banyak dilakukan para kaum Adam dan Hawa di salon, di bawah ini adalah penjelasannya. Tak hanya bisa dilakukan secara langsung ke salon. Anda kini bahkan bisa melakukan reservasi melalui aplikasi. Misalnya saja dengan cara beli sekarang, bayar nanti di Traveloka. Jadi, saat datang ke salonnya, Anda tak perlu repot-repot mengantre. Tinggal buat saja janji pelayanannya, dan  semuanya akan dituliskan di voucher yang Anda beli.

1. Masker

Ini adalah jenis perawatan pertama yang banyak dilakukan di salon, baik dilakukan oleh wanita maupun oleh laki-laki. Ya, masker wajah. Meski sekilas bentuknya berupa pemberian bubuk, lotion, oil, atau apa pun ke area wajah, akan tetapi tujuannya banyak. Ada yang untuk mengurangi kerutan di wajah. Ada yang untuk meremajakan dan juga memutihkan kulit. Dan lain sebagainya. Jenis perawatan berbentuk masker ini konon banyak difavoritkan. Salah satu penyebabnya adalah karena praktis dan cepat, serta biayanya tidak terlalu mahal.

2. Creambath

Jenis perawatan tubuh dan wajah yang banyak dilakukan nomor dua adalah creambath. Yakni jenis perawatan yang diberikan pada bagian rambut. Baik itu untuk membersihkan atau pun merawat serta menjadikan tampilan rambut lebih sempurna. Ada pun tujuannya secara khusus yakni menyegarkan dan juga memperbaiki segala jenis kerusakan yang terjadi pada rambut. Creambath juga bisa dilakukan pada rambut kusam, rambut bercabang, serta rambut yang mudah patah agar kembali bernutrisi dan sehat.

3. Lulur

Perawatan yang banyak dilakukan berikutnya adalah perawatan lulur. Yakni perawatan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kemudian juga meremajakan kulit, serta untuk memutihkan kulit. Lulur ini pada umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, semacam rempah. Misalnya saja seperti cengkeh, serai, jahe, kunyit, bunga mawar, bunga melati, dan yang lainnya. Tak hanya di salon, perawatan lulur juga bisa dilakukan mandiri oleh diri sendiri di rumah.

4. Spa

Anda tahu kan apa itu Spa? Ya, spa adalah jenis perawatan yang juga banyak dilakukan kaum hawa dan kaum adam di salon. Spa ini memiliki manfaat di dalam melancarkan peredaran darah, kemudian juga meremajakan, dan memberi manfaat melembabkan kulit. Efek yang diberikan spa ini juga tidak hanya bersifat fisik. Spa juga mampu memberikan khasiat secara psikis, misalnya saja membantu meringankan stres, membantu tubuh menjadi lebih rileks, dan juga menyegarkan pikiran.

5. Totok Wajah

Perawatan nomor berikutnya adalah perawatan totok. Jika biasanya kita hanya mengenal totok itu dilakukan pada bagian badan, nah sekarang di salon-salon ada yang namanya perawatan totok wajah. Khasiatnya lumayan banyak, di antaranya adalah membuat wajah jadi lebih cerah, jadi lebih segar, dan juga menjadikannya tidak kusam. Cara kerja totok wajah ini dilakukan dengan cara memberikan pijatan-pijatan di titik tertentu di bagian wajah.

6. Facial

Jika Anda melihat prosesnya, sekilas Anda mungkin bisa menyebut proses perawatan wajah itu sebagai cuci muka dan pembersihan muka saja. Jauh lebih dari itu, facial itu punya banyak manfaat. Misalnya saja untuk mengangkat komedo di sekitar hidung, dan juga membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

Akan tetapi perlu hati-hati. Walaupun facial punya banyak manfaat, dia juga terkadang menimbulkan efek samping. Sebab tak semua kulit wajah manusia sama. Ada beberapa orang yang sensitif terhadap kandungan kimia tertentu yang digunakan pada produk facial. Jika tidak hati-hati, bukannya wajah yang bagus dan sehat yang didapat, malah bisa sebaliknya.

7. Massage

Pijat tubuh, atau istilah kerennya massage, mempunya banyak sekali manfaat. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, massage juga memberi efek untuk kecantikan. Entah kecantikan kulit atau pun kecantikan tubuh. Massage dilakukan di beberapa titik tubuh tertentu. Nah nanti, tubuh jadi lebih rileks, pikiran lebih segar, dan badan pun jadi jauh lebih ringan.

8. Scrub

Perawatan yang satu ini mirip dengan lulur. Sekilas sama, yakni memberikan zat, lotion, atau oil tertentu di permukaan kulit. Yang membedakan, pada proses scrub, zat yang diberikan itu mengandung butiran-butiran halus. Nah butiran halus inilah yang nantinya akan jadi pembersih sel-sel kulit mati atau pun kotoran yang masih menempel di permukaan kulit. Entah kulit wajah atau pun kulit tubuh. Seperti halnya lulur, scrub juga banyak dilakukan di rumah. Yang harus diperhatikan, proses scrub jangan terlalu sering. Sebab butiran pada scrub bisa mengiritasi kulit.

9. Laser

Dulu kita hanya mengenal laser sebagai teknologi yang digunakan untuk hal-hal yang sifatnya kasar. Misalnya untuk memotong (cutting), pencahayaan, dan lain-lain. Nah kini, laser juga banyak digunakan untuk aneka perawatan tubuh. Misalnya untuk mengatasi wajah berjerawat, memulihkan kulit yang kusam, lalu juga untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah serta menghempaskan flek-flek hitam, dan lain-lain. Tak hanya manjur, efek yang diberikan perawatan laser sifatnya instan alias lebih cepat. Itu sebabnya, meskipun harganya mahal, banyak orang yang melakukannya.

10. Manicure dan Pedicure

Kecantikan tubuh yang paripurna itu dari ujung kaki ke ujung rambut. Tak terkecuali dengan kuku. Baik untuk kuku tangan atau pun untuk kuku kaki. Nah untuk hal tersebut, namanya perawatan manicure dan juga pedicure. Selain untuk membuat kuku tangan dan kaki lebih cantik, tujuan lainnya adalah juga menjaga kebersihan kuku. Sebab kita tahu, kuman sering kali menyerang bagian kuku. Akibatnya kuku bisa infeksi dan bengkak. Itu dia 10 macam perawatan tubuh dan wajah yang sering dilakukan di salon. Anda termasuk salah pelanggan dari satu jenis perawatan tersebut? Jangan lupa, Anda bisa melakukan pembelian layanan ini melalui aplikasi Traveloka. Ayo rawat kecantikan wajah dan tubuh Anda.

Ayo tulis komentar cerdas