Pertemuan tim Satgassus Pencegahan Tipikor Mabes Polri dengan Pj Sekdaprov Sulteng HM Faizal Mang di ruang kerjanya, Selasa (19/4). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Tim dari Satuan Tugas Khusus Pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Satgassus Pencegahan Tipikor) Mabes Polri, menemui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, Selasa (19/4).

Mereka diterima Pj Sekdarov Sulteng HM Faizal Mang di ruang kerjanya.

Ketua Tim Satgassus Pencegahan Tipikor, Igur mengatakan tim satgas ini beranggotakan ASN dan dibentuk secara khusus oleh Kapolri di awal tahun 2022, namun secara administratif berada di Bareskrim.

“Kalau Bareskrim cenderung bagian penindakan atau penegakan hukum, kalau kami (Satgas) bagian pencegahannya,” kata mantan pegawai KPK itu.

Dia menjelaskan Satgas terdiri dari beberapa sub satgas dan tujuan utamanya adalah pencegahan guna membantu Kapolri dalam konteks membenahi sistem, mekanisme dan tata kerja suatu program kegiatan yang menjadi temanya.

“Kami ditugaskan untuk melakukan pencegahan di bidang pengelolaan reklamasi, jaminan reklamasi maupun pasca tambang sekaligus juga pencegahan di bidang pengelolaan pertambangan nikel,’’ sebutnya.

Ia pun berharap para OPD teknis lingkup Pemprov Sulteng dapat memberikan data/informasi sejauh mana pengelolaan jaminan reklamasi pasca tambang di Sulteng.

Sementara, Pj Sekdaprov Sulteng HM Faizal Mang mengatakan, Sulteng yang merupakan daerah tambang, namun belum sepenuhnya memberikan kontribusi signifikan untuk kemajuan pembangunan daerah.

Dia berharap Satgassus Pencegahan Tipikor Mabes Polri dapat menghimpun data/informasi agar dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan di sektor pendapatan/fiskal daerah. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas