KANTOR SEMENTARA -Bonua Pososungan bakal menjadi kantor sementara Mapolres Banggai Laut. (Foto: Metrosulawesi/ Purnomo Lamala)

Balut, Metrosulawesi.id – Pembentukan Markas Besar Polisi Resort (Mapolres) Banggai Laut, akhirnya membawa angin segar bagi masyarakat, bagaimana tidak kebijakan itu sudah lama terwacanakan oleh Pemkab Banggai Laut, namun akhirnya dapat terwujud ditangan Bupati Sofyan Kaepa.

Bupati Sofyan mengatakan, masyarakat Banggai Laut sangat bersyukur, karena tidak lama lagi akan hadir kantor Mapolres Banggai Laut.

“Ini merupakan berkah dibulan suci Ramadhan ini,” Bupati Sofyan saat meninjau kantor sementara Mapolres Banggai Laut, Selasa (19/4/2022).

Orang nomor satu di Banggai Laut itu menuturkan, sembari mempersiapkan pembangunan gedung permanen, untuk sementara Mapolres Banggai Laut bakal menempati gedung Bonua Pososungan di area taman kota.

“Ini sebagai bentuk pelayanan masyarakat agar bisa lebih dekat apabila mengurus berkas-berkas tertentu,” ujar dia.

Proses penempatan Mapolres Banggai Laut bakal dipercepat dengan tenggak waktu paling cepat enam bulan mendatang, pasca kunjungan hari ini Mapolres Bangkep bakal melaporkan ke Mabes Polri tentang kesiapan Pemkab untuk kantor sementara.

“Saya mohon do’a dari masyarakat agar proses penempatan ini cepat terwujud,” pinta Bupati.

Sementara itu, Bripka Arsan bagian perencanaan Mapolres Banggai Laut mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengurus administrasi terkait SK-3 dan kesiapan bangunan, dilain sisi saat melakukan pengurusan, Mapolres Banggai Laut bakal mendapat Mapolres tipe C.

“Berdasarkan nilainya kita dapat poin 4000 sekian, kita bisa dapat tipe C, sedangkan Polres Bangkep masih tipe D,” ujarnya.

Kendati begitu, kata Arsan, kalau mengacu ke aturan lama Mapolres Banggai Laut ini harusnya sudah Polrestabes masuknya tipe B, namun karean aturan yang terbaru masuknya tipe C.

“Tinggal satu tingkat bakal menjadi Polrestabes,” ungkapnya.

Reporter: Purnomo Lamala
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas