TRAIL RUN - Salah satu atlet mengikuti kejuaraan orienteering di Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Palu, Metrosulawesi.id Induk olahraga (Inorga) Orientering atau O dan Lari Trail siap untuk tampil dan mengharumkan nama daerah Sulawesi Tengah di ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke VI di Palembang. Diketahui, olahraga yang sama-sama merupakan gabungan lari dan juga hiking di alam terbuka ini masuk dalam 26 inorga naungan Komite Olahraga Nasional Masyarakat Indonesia (KORMI) Sulteng. 

Orientering dan Lari Trail sejatinya tergolong inorga baru yang tergabung dalam KORMI. Meski demikian, di Fornas bulan Juli mendatang, kedua Inroga ini bukan tidak mungkin siap menyumbangkan medali bagi Sulteng di Fornas nanti. Itu terbukti dilihat dari rekam jejak baik atlet orienteering maupun lari trail telah berhasil naik podium di sejumlah ajang kejuaraan nasional.

Orienteering sebelumnya selalu berhasil merajai podium kejuaraan di wilayah pulau Sulawesi. Belum lama ini, salah satu atlet andalan mereka berhasil jadi juara ketiga pada Kejurnas O di Cibodas setelah bersaing dengan sejumlah prajurit TNI. Begitu pula dengan lari trail melalui atlet putri mereka, Mona belum lama ini berhasil jadi juara di kejuaraan lari trail di Bogor.

“InsyaAllah dengan keterbatasan anggaran dari Pemda kami maksimalkan inorga yang akan berangkat ke fornas VI Sumatra Selatan, termasuk inorga Lari Trail dan Orienteering,” kata Agus Laturupa ketua Komisi Olahraga Petualangan dan Tantangan Kormi Sulteng kepada Metrosulawesi belum lama ini. 

“Kedua Inorga ini tentunya akan menjadi andalan Sulteng di Fornas nanti,” imbuh dia.

Mohammad Affan, Ketua Asosiasi Lari Trail Indonesia (Alti) Sulteng mengatakan, pihaknya kemarin telah melakukan kordinasi dengan Kormi Sulteng sekaitan dengan partisipasi lari trail di Fornas. Menurut dia, pihaknya setidaknya akan mengirimkan masing-masing perwakilan atlet pada tiga kelas yakni 10, 20, dan 30 meter.

“Semua kelas itu rencana kami akan kirimkan masing-masing perwakilannya. Nanti kejurnas lari trail di Palu-Sigi sekaligus akan jadi ajang seleksi untuk menentukan nama atlet yang akan dikirimkan,” kata Affan kepada Metrosulawesi, Selasa (19/03/2022).

Terpisah, Muhammad Fauzan, Ketua Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Sulteng mengatakan pihaknya sudah mengajukan 7 atlet di kelas Men 21, Pelajar, dan kategori putri kepada Kormi. Meski demikian, sampai saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari FONI pusat terkait kesiapan panitia pelaksana kejuaraan Orienteering di Fornas.

“Yang pasti FONI Sulteng optimis dan siap menyumbang medali di Fornas,” katanya. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas