Home Sulteng Donggala Investor Incar Emas di Tiga Kecamatan

Investor Incar Emas di Tiga Kecamatan

0
TERIMA DOKUMEN - Bupati Donggala Kasman Lassa menerima dokumen dari PT Vio Resources di Ruang Kasiromu, Kantor Bupati Donggala, Selasa 19 April 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Kasman Lassa Pertanyakan SK Gubernur Diteken Kadis

Donggala, Metrosulawesi.id – Bupati Donggala Kasman Lassa menerima kunjungan PT Vio Resources di Ruang Kasiromu, Kantor Bupati Donggala, Selasa 19 April 2022.

Kunjungan PT Vio Resources itu untuk berinvestasi di Kabupaten Donggala membangun tambang emas di tiga kecamatan yakni Sindue, Labuan, dan Kecamatan Tanantovea.

“Saya sampaikan ini adalah niat baik perusahaan PT Vio Resources mau berinvestasi di daerah kita, kecamatan Sindue, Labuan dan Tanantovea, mau membangun tambang emas,” kata Bupati Kasman Lassa saat memberikan sambutan di hadapan PT Vio Resources serta para pihak terkait di ruang Kasiromu, Selasa19 April 2022.

“Pak Presiden sudah meminta daerah untuk tidak menghambat investor, asalkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kami siap menerima,”sebutnya.

Kata Kasman, ia meminta kepada seluruh pihak terkait termasuk perwakilan Kecamatan Sindue, Labuan dan Tanantovea agar nantinya mendengar penjelasan langsung dari PT Vio Resource.

Sebab menurut Kasman jika membaca dokumen PT Vio Resource ada keputusan gubernur di dalammnya, tetapi di dokumen itu bukan Gubernur yang bertanda tangan tetapi kepala Dinas Penanaman Modal.

“Saya minta pimpinan OPD, pihak terkait, dan perwakilan tiga kecamatan (Sindue, Labuan, tanantovea) untuk memperhatikan seluruh penjelasan PT Vio Resource, bertanya jika tidak sesuai,” ujarnya.

“Urusan keuntungan investasi di daerah siapa yang tidak mau? Saya sudah lihat dokumennya PT Vio Resource di dalammnya ada surat keputusan dari Gubernur tapi bukan gubernur yang bagempu (tanda tangan), tapi Kadis Penanaman Modal provinsi saja. Saya ingin itu gubernur juga bertanda tangan, baru saya bupati juga ba gempu (tanda tangan) supaya kita sama-sama menerima jika terjadi sesuatu di kemudian hari,” jelasnya.

Ditambahkannya pemda harus hati-hati menerima investor, harus pertimbangkan semaksimal mungkin urusan berkaitan dengan masyarakat.

“Jangan terjadi seperti tambak udang di Lombonga, karena kalau saya melihat dokumennya iya lengkap, tapi ingat dokumen perlu diuji juga. Saya baru melihat satu saja yang bertanda tangan cuma atas nama, jangan kita perintah dari atas hanya atas nama, ketika bermasalah dengan masyarakat mundur. Kalau Kasman tidak mundur, sudah teruji dua periode. Kalau DPRD melawan lakukan interpelasi dan lakukan angket saya lawan, dan saya menang,” tuturnya.

Setelah menyampaikan sambutan Bupati Donggala Kasaman Lassa mempersilahkan PT Vio Resource menyampaikan kajian atu konsep pembangunan Tambang emas kepada pimpinan OPD, dan seluruh pihak terkait. Informasi yang diperoleh Metrosulawesi penyampaian Dokumen Desain Konsep area tambang akan dilakukan hingga sore dirangkai dengan berbuka puasa bersama.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

NO COMMENTS

Ayo tulis komentar cerdas