PASAR MODERN - Gerbang utama Pasar Modern Bambaru di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulteng. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)

Palu, Metrosulawesi.id – Beberapa laporan masalah di Pasar Modern Bambaru, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu masih terus terjadi.

Masalah yang berasal dari kerusakan fasilitas itu antara lain kebocoran saluran WC di lantai dua, AC duduk yang hampir semua mati, korsleting listrik, hingga tandon (penampungan air) berukuran besar  yang berjumlah 16 unit hanya berfungsi 4 unit.

Penanggung jawab sekaligus pengelola Pasar Bambaru, Ajenkris, selaku Kadis Perindag Palu mengakui masalah tersebut jadi PR terbesar pihaknya.

Dampak buruk utama masalah itu dibeber Ajenkris menyebabkan sepi pengunjung, sehingga keluhan-keluhan pedagang sering kali diterimanya.

“Memang seluruh pedagang di Pasar Bambaru ini sudah menyelesaikan tugasnya, mereka sudah membayar biaya sewa atau SSRD, kemudian untuk kebersihan harian sebesar Rp3.000. Namun di satu sisi fasilitas sebagai hak mereka kurang maksimal,” ujar Ajenkris kepada Wartawan Metrosulawesi, Selasa, 19 April 2022.

Proses penganggaran di dua tahapan Pasar Bambaru sebelum diresmikan melekat di Dinas PU Palu, kemudian Ajenkris beberapa kali telah melaporan kendala itu ke Dinas PU hingga Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

“Sudah berulang kali kami sampaikan ke Dinas PU hingga Bapak Wali Kota dan sudah diperbaiki ulang-ulang tapi tetap begitu, sudah ganti pipa ini itu masih juga rusak,” ucap Ajenkris bernada keluh.

Sementara pihaknya belum bisa sepenuhnya mengatasi masalah tersebut, karena penyerahan aset pasca masa pemeliharaan Pasar Bambaru belum dilakukan oleh Wali Kota Hadi.

Meskipun begitu, Ajenkris dibantu Kabid Pasar Disperindag Palu, Gunawan berupaya menalangi kendala itu seperti mengganti pipa WC bocor, namun urung menemui tuntas.

“Napane mami (bahasa Kaili searti memang panas) kalau orang, dari masing-masing 12 unit AC duduk lantai satu dan dua biar satu pun tidak ada yang berfungsi baik,” pungkas Ajenkris.

Oleh karena itu Ajenkris sangat mengharapkan perhatian lintas pihak demi kelancaran Pasar Bambaru yang sangat mempengaruhi keadaan ekonomi para pedagangnya.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas