Ilustrasi. (Foto: Ist/ google.co.id)

Palu, Metrosulawesi.id – Terdakwa kasus dugaan tindak pidana penyerobotan lahan sawit di Kabupaten Buol, Fransiskus Saferius Walangitan, Abdulah Rahman dan H. Fadly Is Suma dituntut dengan pidana penjara selama 3 tahun. Para terdakwa didakwa dengan Pasal 107 huruf( a) jo pasal 55 huruf ( a)  UU RI nomor 3 tahun 2014 tentang perkebunan jo pasal 55 Yat (1) ke 1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa Fransiakus Saferius Walangitan, terdakwa Abdul Rahman dan Fadly Is. Suma dengan pidana penjara selama 3 tahun dikurangi seluruhnya dengan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani, dengan perintah para terdakwa tetap ditahan,” demikian amar tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejari Buol yang dibacakan Kasi Pidum Kejari Buol Musrin Age. SH. MH, didampingi JPU Kajati Sulteng  Roma. SH.MH pada persidangan Selasa 1 Maret 2022 yang diketuai majelis Hakim Ferry Sumlang. SH, melalui sidang online

Dalam amar tuntutannya tersebut, JPU mempertimbangkan hal hal yangmeringankan dan.memberakan. untuk hal hal yang memberatkan,  perbuatan para terdakwa telah meresahkan masyarakat dan menimbulkan konflik. Sedangkan hal hal yang meringankan, para terdakwa bersikap sopan di persidangan dan sebagai tulang punggung keluarga. Atas tuntutan tersebut majelis hakim mempersilahkan kepada para terdakwa untuk mengajukan pembelaan. Untuk agenda pembelaan itu, dijadwalkan pekan mendatang.

Reporter: Salam Laabu
Editor: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas