Wakil Sekretaris I KONI Banggai, Sugiarto Djanun. (Foto: Ist/ Dok. Pribadi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pekan olahraga provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah IX tahun 2022 di Kabupaten Banggai, saat ini tengah terus dikebut persiapannya. Upaya yang sementara dilakukan penyelenggara ialah membentuk tim panitia pelaksana.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banggai melalui Wakil Sekertaris I, Sugiarto Djanun, mengatakan, pembentukan panitia pelaksan itu baru terprogres 20 persen dengan nama dari kepengurusan provinsi yang paham terkait teknis pertandingan. Itu menyusul setelah pihaknya belum lama ini membentuk tim panitia perumus.

Menurut dia, 80 persen panitia pelaksana akan diisi  nama-nama di Kabupaten Banggai selaku daerah penyelenggara. Nama di daerah belum ada direkomendasikan, sebab terkendala adanya rotasi di pemerintahan.

“80 persen belum bisa ditindaklanjuti secara komprehensif, karena ada rotasi jabatan tertentu di instansi yang coba kita rekrut,” katanya saat dihubungi via telpon, Rabu (12/01/2022).

“Takutnya nanti coba kita rekrut maka setelah itu dia mutasi, bukan pada bidang yang kami inginkan. jadi kita masih menunggu. Insya Allahh dalam 10 hari ke depan itu sudah rampung,” imbuh dia.

Dijelaskan Sugiarto, panitia pelaksana di daerah nantinya akan rata-rata diisi oleh pejabat atau aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan. Mereka nantinya mengampu tugas untuk melakukan asesmen terkait dengan rekomendasi dari KONI bersama Pemerintah Sulteng.

Pada rekomendasi itu, tim panitia nantinya terlebih dahulu akan bergerak cepat melakukan perumusan terkait dengan biaya yang diperlukan untuk melakukan pembenahan sejumlah venue yang kemarin telah ditinjau oleh KONI Provinsi.

“Nanti sesudah itu baru kita akan laporkan, kemudian KONI Sulteng mengeluarkan SK barulah kami akan bergerak secara maraton,” pungkasnya. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas