BERI BONUS - Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat memberikan bonus berupa uang pembinaan kepada atlet paralimpik Sulteng, Zuhriah di salah satu kafe di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (13/01/2022). (Foto: Ist/ NPC Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura, memberi apresiasi berupa uang pembinaan ratusan juta rupiah kepada salah satu atlet penyandang disabilitas yang berhasil meraih emas pada ajang Pekan Paralimpik Nasional XVI (Peparnas) di Provinsi Papua tahun 2021.

Penyerahan itu dilakukan dalam acara ramah-tamah, pada Kamis (13/01/2022) pagi di salah satu kafe di Kota Palu. Turut dihadiri di antaranya oleh National Paralympic of Committee (NPC), Dinas Sosial, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng beserta jajaran.

Adapun uang pembinaan sebesar Rp 100 juta itu diberikan kepada Zuhriah H Bahnad, satu-satunya atlet penyumbang emas untuk Sulteng. Atlet kelahiran Toli-toli ini pada ajang Paralimpik berhasil keluar sebagai juara pada Cabor tenis meja kelas tunggal putri. Selain itu, uang Rp 10 juta turut diberikan gubernur kepada sang pelatih, Fadli Tahir.

Ketua Umum NPC Sulteng, Nur Enang, ditemui Metrosulawesi, usai kegiatan menuturkan, pemberian hadiah itu diharapkan jadi motivasi untuk atlet agar dapat meningkatkan prestasi. Menurut dia, apa yang akan diiinginkan pasti akan tercapai apabila sudah mampu meraih prestasi.

Selain itu, Nur Enang mengatakan, apresiasi ini jadi pemicu bagi NPC Sulteng untuk terus melakukan pembenahan dan pembinaan kepada atlet yang lebih baik. Ia berharap Sulteng bisa memperbaiki peringkat di ajang paralimpik berikutnya.

“Ini juga jadi motivasi kami untuk lebih baik lagi. Baik KONI maupun NPC sesuai dengan harapan Gubernur Sulteng bisa menyumbang medali yang lebih banyak lagi pada ajang PON Aceh-Sumut tahun 2024,” ujarnya.

Sebagai informasi, raihan satu emas itu membikin Sulteng di ajang Peparnas tahun lalu berhasil menduduki posisi 29 dari 32 provinsi. NPC Sulteng pada ajang pekan olahraga bagi penyandang disabilitas ini mengirim 15 atlet untuk mengikuti tiga cabang olahraga yakni renang, atletik, dan tenis meja. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas