BANTU PBSI SULTENG - Devin Lahardi (kiri) bersama Ketua Umum PBSI Sulteng, Gufran Ahmad (kanan). (Foto: Ist/ Dok. PBSI Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Mantan pebulu tangkis kelas dunia, Devin Lahardi Fitriawan yang kini tinggal di Kota Palu ikut bergabung dalam kepengurusan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Tengah. Kehadiran Lahardi di badan kepengurusan diharapkan dapat membantu mencetak atlet pebulu tangkis mumpuni hingga mampu mencapai target PON 2024.

Ketua PBSI Sulteng 2021-2025 terpilih, Gufran Ahmad, membenarkan bergabungnya Devin di kepengurusan. Mantan juara Malaysia master ini didapuk sebagai Wakil Ketua umum bidang pembinaan prestasi.

“Iya, ini juga kaitannya dengan pengalaman beliau sebagai mantan atlet dunia. Nantinya dia lebih fokus membantu pembinaan prestasi terutama untuk memberikan semangat kepada atlet khususnya di Sulawesi Tengah,” kata Gufran saat dihubungi Metrosulawesi, Rabu (12/01/2022).

Gufran menuturkan, kehadiran Devin sangat penting untuk membantu mencetak bibit handal. Pembinaan kepada atlet, menurut dia, harus dimulai segera mungkin dan penting dilakukan untuk anak usia dini, anak-anak, remaja dan kalangan taruna.

“Ini juga inisiasi dari PBSI agar target prestasi sesuai harapan bapak gubernur Sulawesi Tengah, ‘Sulteng emas 2024’ bisa tercapai,” ujar Gufran.

Devin Lahardi diketahui kini tinggal di Kota Palu, Sulawesi Tengah,  setelah memutuskan pensiun dini di umur 27 tahun tepatnya pada tahun 2010 atau lima bulan setelah ia jadi juara Malaysia master di kelas ganda campuran bersama Liliyana Natsir.

Devin Lahardi Fitriawan juga tercatat pernah dua kali meraih juara bersama Lita Nurlita di Chinese Open 2008 dan New Zealand Open 2007. Selain itu, pebulu tangkis kelahiran Tasikmalaya ini juga menjadi bagian skuad bulutangkis putra Indonesia, yang berhasil meraih medali emas pada ajang SEA Games Vietnam tahun 2009. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas